loading...

SUARABMI.COM - Sebelum di Surabaya, TETO telah berdiri di Jakarta pada tahun 1971. Salah satu pertimbangan mengapa TETO didirikan di Surabaya karena 70 persen dari 230 ribu buruh migran Indonesia yang ada di Taiwan berasal dari Jawa Timur. Kami ingin lebih dekat lagi dengan mereka. TETO di Surabaya juga meliputi aspek lainnya, seperti di bidang ekonomi, perdagangan, kebudayaan, pendidikan dan pariwisata.

TETO di Surabaya sejak 21 Desember 2015 sudah mulai resmi menerima permohonan berbagai hal seperti paspor, visa, legalisir dokumen serta hal lain sejenisnya. Untuk layanan konsular di TETO, kami memberikan bantuan yang sangat besar kepada buruh migran yang akan berangkat ke Taiwan. Dalam 3 hari berturut-turut (6-8 Januari 2016), kami memberikan sosialisasi dan juga penjelasan prosedural kepada agensi yang memberangkatkan buruh migran ke Taiwan.

Sosialisasi dan penjelasan itu bertujuan untuk menyatukan satu bahasa dan berkas-berkas yang akan disiapkan. Dengan adanya sosialisasi ini, ke depannya kami berharap bisa mempersingkat waktu dalam hal pelayanan visa bagi buruh migran. Lewat cara ini juga kami menjelaskan kepada agency bagaimana caranya agar tidak melanggar aturan yang berlaku serta apa yang harus dilakukan para agensi kepada buruh migran.
[ads-post]
TETO ada untuk membantu pengusaha asal Taiwan di Surabaya dan Jawa Timur, misalnya dalam hal perpanjangan paspor dan bantuan darurat. Kami ada tidak hanya untuk mereka saja, namun juga kepada WNI, di antaranya menyediakan layanan bagi buruh migran, dari sebelumnya yang hanya bisa mengurus di Jakarta, kini bisa mengurusnya di TETO Surabaya.  Langkah ini sangat efektif untuk mengurangi biaya dan efisiensi waktu.  Layanan lainnya adalah seperti yang saya katakana tadi, yakni melayani dan membantu di bidang ekonomi, perdagangan, kebudayaan, pendidikan dan pariwisa.
Kantor TETO di Surabaya tidak hanya berlaku bagi mereka yang tinggal di Surabaya atau Jawa Timur saja. Namun juga berlaku bagi mereka yang tinggal di Sulawesi, Bali, Lombok, Nusa Tenggara dan Papua. Tapi, kami juga akan menerima dan memberikan layanan bagi warga yang tinggal di Jawa Tengah dan Sumatera jika ingin mengurus visa atau dokumen lainnya di TETO Surabaya.
Setelah layanan TETO di Surabaya dimulai per 21 Desember 2015, rencananya per 21 Februari 2016 baru akan memulai direct hiring.  Direct hiring bukan dalam artian TETO langsung mencari PT untuk mencari tenaga kerja. Jadi soal direct hiring, jika buruh migran sudah bekerja di Taiwan selama tiga tahun, harus pulang dulu ke tanah air untuk  memperpanjang atau mendapatkan visa yang baru di TETO Surabaya untuk mereka yang masih ingin bekerja kembali ke Taiwan.
Pemerintah dan masyarakat Taiwan mengucapkan terima kasih kepada buruh migran asal Indonesia karena telah memberikan pelayanan kinerja yang bagus dan sikap yang ramah. Dengan majikan, buruh migran asal Indonesia juga sudah menjalin hubungan seperti keluarga. Kami juga sangat senang apabila buruh migran asal Indonesia bisa ada yang bekerja lebih banyak di bidang khusus, seperti merawat lansia.
Yang pertama kami sangat berterima kasih kepada buruh migran Indonesia. Kedua adalah kami menghimbau kepada buruh migran Indonesia agar tidak melakukan hal-hal di luar aturan hukum yang berlaku di Taiwan. Mengapa ini penting? Di Taiwan, buruh migran Indonesia memiliki jumlah overstayer terbanyak saat ini. Kami ingin hubungan antara pemerintah Taiwan dan Indonesia terus terjalin dengan bagus.

Bagi mereka yang tertangkap, kami akan melakukan deportasi atau dihukum sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di Taiwan. Kami yakin, jika overstayer bisa ditekan atau diminimalkan, ke depan tidak menutup kemungkinan pemerintah Taiwan akan memberikan kebijakan khusus untuk WNI atau buruh migran Indonesia seperti bebas visa ke Taiwan. (surya/indos)

SUARABMI.COM - Sebelum di Surabaya, TETO telah berdiri di Jakarta pada tahun 1971. Salah satu pertimbangan mengapa TETO didirikan di Surabaya karena 70 persen dari 230 ribu buruh migran Indonesia yang ada di Taiwan berasal dari Jawa Timur. Kami ingin lebih dekat lagi dengan mereka. TETO di Surabaya juga meliputi aspek lainnya, seperti di bidang ekonomi, perdagangan, kebudayaan, pendidikan dan pariwisata.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close