loading...

Ilustrasi
SUARABMI.COM - Taiwan, Suminah adalah salah satu TKW Indonesia yang mencoba keberuntungan di Taiwan. Namun nasib berkata lain, majikannya tak sebaik yang ia harapkan bahkan sekarang ia linglung akibat terlalu banyak tekanan hingga urusan pengadilan.

Benar saja, gara-gara di tuduh mencuri uang 200 NT milik majikannya, kini Suminah haru mejalani proses pengadilan di Taiwan. Kasus yang ia hadapi ini membuatnya hingga hilang ingatan dan linglung, Namun ia tak bisa kembali ke Indonesia karena masih menjalani proses pra peradilan di taiwan.

Suminah berasal dari Adipala Cilacap, ia hanya berharap bisa kembali ke Indonesia. Saat ini ia sering terlihat lontang-lantung tak tau arah, lupa segalanya.

Suminah yang kini tinggal di Shelter Mr. Ma yang ada di Daan Taipei mengaku kalau kasusnya bermula dari tuduhan majikannya kepadanya atas pencurian uang sebesar 200 NT. 

Namun ternyata Suminah memang ada penyakt bawaan dari Indonesia sebelum ia ke Taiwan. Sehingga dengan tekanan yang ia dapat, ia mudah kambuh seperti orang ling lung.
[ads-post]
“Saya kabur, saya bawa uang NT$ 250 itu uang saya sendiri. Saya kabur juga tidak membawa gaji 2 minggu, itu tidak apa apa, yang penting saya keluar dari sana. Majikan saya itu galak banget,” jelas Suminah kepada salah satu majalah di Taiwan.


Dari pengakuannya, Suminah kabur tahun 2014 silam, ia kemudian bekerja di Hsinchu selama beberapa bulan sebagai tenaga cleaning service. Selepas dari tempat tersebut, ia bekerja di majikan lain masih di Hsinchu juga sebagai tenaga cleaning service. Selepas 3 bulan bekerja di sana, ia dibawa agensi ilegal menuju Kaohsiung. Di sana ia bekerja menjaga kakek. Suminah berujar kakeknya sering melihatnya. Selama bekerja di majikan yang berbeda beda tersebut, agensinya selalu menekankan bahwa Suminah harus mengaku tenaga kerja resmi. Kira-kira 5 bulanan ia bekerja di Kaohsiung, Suminah merasa tertekan karena kakak majikannya sangat galak, kalau marah luar biasa, terangnya.

Suminah menyampaikan keinginannya untuk diantar ke imigrasi atau ke kantor polisi. Tentu saja majikannya menolak mengantarkan Suminah ke sana. Akhirnya suatu malam, Suminah dibawa ke sebuah tempat tinggal sementara, yaitu semacam kamar yang bisa disewa. Ia diminta tinggal di sana.  Dari sanalah Suminah mencari kantor polisi sendiri. Ia melapor dan menyerahkan diri lalu selanjutnya  ia diantar ke shelter yang ada di Kaohsiung.  Suminah sempat tinggal beberapa waktu di sana sampai akhirnya ia dibawa ke kantor imigrasi hingga sampai di Taipei ini. [indos - sbmi]

SUARABMI.COM - Taiwan, Suminah adalah salah satu TKW Indonesia yang mencoba keberuntungan di Taiwan. Namun nasib berkata lain, majikannya tak sebaik yang ia harapkan bahkan sekarang ia linglung akibat terlalu banyak tekanan hingga urusan pengadilan.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close