loading...

SUARABMI.COM - Seorang TKW Hong Kong sebut saja zhe mengalami kejadian tak terduga. Pernah di interminit dan pindah majikan, ternyata ia harus bayar 3000 dollar HK tiap bulan. Ia awalnya tidak menyadari, dan baru tahu setelah ada surat tagihan dan apabila tidak membayar maka ia akan kena bungan HK$ 50 tiap harinya sebagaimana dilaporkan oleh kindo.

"sy krj 3 thn d majikan yg lama trus d interminit dan skrg udh 2 bln krj d majikan baru dan sy d paksa byr 3000/bln selama 3 bulan dan sy merasa berat dgn potongan itu terlalu byk buat sy..jd 9 rb..sdgkan yg lain tdk ush byr ..klo byrpun hy 4000 atau 6000 byr 2x"  ungkap zhe

Kejadiannya bermula saat zhe pindah majikan dan harus menandatangani surat kosong dari agensi. "Entahlah .. wkt sy d jemput majikan ..agen maksa sy TTD kertas tagihan.. sy berusaha bersikukuh tdk mau TTD kertas kosong yg tdk tertera brp jumlah utang sy..tp terpaksa TTD kertas itu krn majikan udh nunggu..dan pas pihak penagih tlp saat itu..sy blg..nih sy d suruh TTD kertas kosong yg blm d tulis jumlah angka yg hrs d byr.. itulah kebodohan sy" tegasnya.
[ads-post]
Overcharging biaya penempatan masih menjadi siluman yang menelusup di sela sela peraturan pemerintah dan merugikan BMI, demikian pula peraturan diberi izin 14 hari setelah putus kontrak kerja, sebagai peraturan yang memaksa BMI untuk asal-asalan dan ter-buru-buru memilih dan memilah majikan dan agen pengganti. Hal ini sudah sering dan selalu serta masih diteriakkan  oleh para pegiat buruh migran melalui aksi dan demo. Namun sampai saat  ini belum ada perubahan.

Berdasarkan surat edaran dan atau lampiran kepala BNP2TKI No B.580 / PEN / XII / 2015  tanggal 22 Desember 2015, biaya penempatan TKI baru untuk tujuan Hong Kong adalah Rp 14.570.000,-  dengan  fasilitas pinjaman dari KUR TKI (Kredit usaha rakyat untuk TKI ) yang bunganya sangat ringan dan BMI  ex  (sudah purna) dan kembali ke Hong Kong biayanya hanya  Rp6.000.000,- an- . [source.kindo/sbmi]

SUARABMI.COM - Seorang TKW Hong Kong sebut saja zhe mengalami kejadian tak terduga. Pernah di interminit dan pindah majikan, ternyata ia harus bayar 3000 dollar HK tiap bulan.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close