loading...

SUARABMI.COM - Jamiyatun, TKW Taiwan asal Banyuwangi Jawa Timur (39) dipulangkan ke Indonesia karena mengidap kaker serviks stadium 3.

Jamiatun yang statusnya adalah TKW kaburan (ilegal) dan berkat bantuan beberapa organisasi BMI ia mendapat biaya perawatan sementara di Taiwan.

Pada tanggal 19 Maret 2016 ada salah satu BMI Taiwan melapor ke Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) tentang kondisi Jamiyatun yang sakit parah, dan kemudian pada tanggal 20 Maret 2016, KDEI saat melakukan mobile service di Chiayi berkoordinasi dengan pihak imigrasi juga dengan teman-teman komunitas di Chiayi yang selama ini membantu segala kebutuhan di rumah sakit. Mereka membantu juga membayar denda sekaligus Tiket pesawat dan pengantaran ke bandara International Taoyuan.
[ads-post]
Jamiyatun sudah kabur dari majikan selama 2 tahun 7 bulan. Kerjanya berpindah-pindah. Pada tanggal 21 Maret 2016 KDEI Taipei dan Disnaker Banyuwangi menghubungi PPTKIS PT. Asri Cipta Tenaga Mandiri Malang. Walaupun Jamiyatun statusnya kaburan tetapi PT. Asri siap membantu menjemput di bandara Juanda Surabaya, kemudian direncanakan pemulangannya pada hari Kamis 24 Maret 2016 dengan menggunakan pesawat Eva Air  dari Taoyuan International Airport pada pukul 18.30 menuju bandara Juanda Surabaya. Dikarenakan sesuatu hal rencana kepulangan ditunda untuk sementara waktu dan akhirnya pada hari Minggu 03 April 2016 dengan menumpang pesawat yang sama dengan didampingi 2 staf dari KDEI dipulangkan ke tanah air.

”Jamiyatun walaupun berstatus kaburan, kami Disnaker Banyuwangi mengupayakan pemulangannya seperti kasus yang pernah ada. Kami langsung mengusahakan perawatan di RSUD Blambangan walau ada permintaan dari pihak keluarga agar dirawat di rumahnya saja, tetapi selaku pemerintah Banyuwangi, kami bertanggung jawab atas perawatan warga kami yang lagi sakit,” Pungkasnya. [is/sbmi]

SUARABMI.COM - Jamiyatun, TKW Taiwan asal Banyuwangi Jawa Timur (39) dipulangkan ke Indonesia karena mengidap kaker serviks stadium 3.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close