loading...

Photo Kabar Cirebon
SUARABMI.COMCIREBON, Belasan warga Desa Guwa Lor, Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menjadi korban penipuan penyalur tenaga kerja Indonesia (TKI). Akibat kejadian tersebut, para korban menderita kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Salah seorang korban, Sudirman (27) mengatakan, ia bersama 10 temannya telah mendaftar untuk menjadi TKI di Negara Taiwan melalui seseorang yang mengaku karyawan sponsor penyalur TKI di Jakarta.

“Kemudian kami mendaftar menjadi calon TKI yang infonya mendapat gaji senilai Rp40 juta per bulan. Saya bersama rekan-rekan merasa tertarik karena gaji besar dan tidak rumit prosesnya, hingga kami mendaftar dengan pembayaran pertama sebesar Rp 15 juta. Selanjutnya kami diminta lagi sebesar Rp20 juta, tetapi sampai saat ini tidak ada pemanggilan apa pun kepada kami hingga satu tahun ini,” katanya
[ads-post]
Sudirman menambahkan, selain prosesnya sangat mudah, sponsor juga menjanjikan batas waktu paling lama hanya tiga bulan untuk diberangkatkan. Ia sempat dibawa ke Jakarta, ke sebuah perusahaan jasa TKI dengan nama PT Putra Al-Irshad Mandiri dengan alamat di Condet Raya nomor 96-105 Balekambang, Jakarta Timur. Namun, hingga saat ini tidak ada kabar kapan ia dan teman-temannya akan diberangkatkan.

Hal senada disampaikan korban lainnya, Nurhadi (28). Ia mengaku, dijanjikan gaji yang cukup besar, sehingga ia tertarik, apalagi prosesnya sangat mudah dan tidak memakai ijazah asli.

“Selain sudah membayar uang sebesar itu, kami juga dimintai uang lagi, katanya untuk membuat ijazah sebesar Rp700 ribu dan akte kelahiran sebesar Rp200 ribu, tetapi sampai saat ini tidak ada proses apa pun,” ujarnya.

Dirinya berharap, pemerintah daerah dapat menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai perusahaan yang resmi seperti apa, agar tidak ada lagi korban-korban penipuan seperti dirinya. Ia juga berharap, pemerintah daerah dapat memfasilitasi masalah ini sehingga uangnya bisa kembali.

“Saya berharap kepada penegak hukum untuk melakukan penangkapan kepada sponsor-sponsor seperti itu, jangan sampai banyak korban lagi. Karena sangat jelas melakukan penipuan dan itu masih banyak berkeliaran di wilayah Kaliwedi,” tuturnya. (fds)

SUARABMI.COM - CIREBON, Belasan warga Desa Guwa Lor, Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menjadi korban penipuan penyalur tenaga kerja Indonesia (TKI). Akibat kejadian tersebut, para korban menderita kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close