loading...

SUARABMI.COMAris Triyanto, TKI asal Lampung ini harus rela berbaring di rumah sakit menderita karena ditusuk teman sekerjanya satu pabrik. Awal cerita bermula saat liburan panjang lalu pada awal bulan April 2016. Saat itu para pekerja pabrik tersebut mengadakan pesta yang juga disertai dengan pesta minuman keras. Akibat pengaruh alkohol, salah seorang rekan Aris, TKI yang berasal dari Cilacap ini marah hanya karena salah paham.

TKI asal Cilacap tersebut kemudian menusuk Aris di bagian bawah dadanya. Akibat penusukan tersebut, Aris dilarikan ke rumah sakit Linkou Chang Gung Memorial Hospital New Taipei City. Pekerja yang bekerja di pabrik perakitan mesin kertas ini pun harus dirawat inap selama beberapa hari.

Ketika tim IKALT Peduli  mengunjungi Aris, ia pun menuturkan jika ia tak mengira jika akhirnya seperti ini. Pekerja asal Cilacap ini pun dilaporkan sering membuat onar di pabriknya. Dikarenakan pengaruh alkohol inilah terjadi cek cok dengan pekerja satu pabrik tersebut yang menusuknya dengan pisau.

Akibat penusukan ini, tersangka TKI asal Cilacap harus menanggung biaya pengobatan Aris hingga pulih. Tak hanya itu saja, tersangka pun juga terkena denda senilai NT$ 30,000 pada yang berwajib dikarenakan kasus perkelahian dan penusukan.
[ads-post]
Dihubungi melalui sambungan telepon pada tanggal 9 Mei 2016 lalu soal surat edaran yang pernah dibuat oleh KDEI 2 tahun lalu mengenai kebijakan perkelahian antar TKI, Kepala Bagian Administrasi Isy Karim pun mengingatkan kembali jika ada TKI yang bertengkar dan melakukan tindakan pidana, sepenuhnya diserahkan pada pihak kepolisian Taiwan untuk ditindaklanjuti. Jika permasalahan tersebut bisa diselesaikan dan mendapat sanksi dari pihak yang berwajib, maka hal itu sepenuhnya diserahkan pada kebijakan pemerintah Taiwan.

Namun apabila pemerintah Taiwan menyerahkan kasus tersebut kepada KDEI, maka pihak KDEI akan memulangkan tersangka yang berkelahi atau melakukan tindak pidana. Bahkan KDEI akan memberikan pelaporan agar TKI atas nama tersebut tidak bisa kembali menjadi buruh migran ke Taiwan. Isy Karim juga menjelaskan bahwa kedudukan KDEI di Taiwan ini adalah untuk melindungi seluruh WNI dalam hal ini secara positif.

SUARABMI.COM - Aris Triyanto, TKI asal Lampung ini harus rela berbaring di rumah sakit menderita karena ditusuk teman sekerjanya satu pabrik. Awal cerita bermula saat liburan panjang lalu pada awal bulan April 2016. Saat itu para pekerja pabrik tersebut mengadakan pesta yang juga disertai dengan pesta minuman keras. Akibat pengaruh alkohol, salah seorang rekan Aris, TKI yang berasal dari Cilacap ini marah hanya karena salah paham.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close