loading...

SUARABMI.COMBagi TKI Ilegal yang mau menyerahkan diri hendaknya mempersiakan data diri jika masih ada seperti ARC dan Paspor baik asli atau foto kopinya.

Proses penyerahan diri di awali dengan menyerahkan diri ke kantor Imigrasi setempat di Taiwan atau kantor imigrasi di Taipei.

Didalam kantor Imigrasi [cotoh di taipei] segera menuju loket nomor 51, 52 dan 53. Loket ini bertuliskan Provision Service Counter, dimana staf diloket tersebut akan menyodorkan dokumen yang akan di isi leh TKI ilegal. Selepas mengembalikan documen tersebut, staff loket akan meminta TKI ilegal menunggu panggilan wawancara. 

TKI ilegal akan ditemani staff loket untuk masuk ke ruangan wawancara yang menjadi satu dengan penjara sementara keimigrasian (temporary detention center) atau berada di ruang tim operasi khusus imigrasi.

Pihak imigrasi akan memberikan pertanyaan untuk dijawab TKI ilegal seperti, alasan kabur, siapa majikan ilegal selama kaburan, dimana tempat kerja ketika kabur, berapa gaji yang diperoleh menjadi TKI ilegal, mengapa memutuskan untuk menyerahkan diri, akan tinggal dimana setelah keluar dari imigrasi, siapa yang bisa dihubungi setelah proses penyerahan diri.
[ads-post] 
Setelah selesai wawancara, Imigrasi akan memberikan surat keterangan proses penyerahan diri dan menginformasikan untuk membayar denda dan mengambil surat perjalanan laksana paspor (SPLP).

Jika TKI kaburan masih membawa paspor yang berlaku maka ia bisa langsung memesan tiket dan membayar denda setelah proses penyerahan diri.Tetapi jika paspor sama ARC masih dipegang majikan, maka pihak imigrasi akan memintanya untuk dikembalikan kepada TKI kaburan.

Setelah proses ini TKI kaburan/ ilegal dapat menunggu proses kepulangan di laur tanpa perlu menjalani kurungan sampai pihak imigrasi memanggil kembali.

Saat panggilan dari Imigrasi, maka TKI Ilegal datang ke loket seperti di atas. Loket tersebut adalah loket untuk pembayaran denda overstay dan penyerahan dokumen kepulangan.

Namun sebelum pergi ke Imigrasi sebaiknya TKI memesan tiket terlebih dahulu untuk ditunjukkan ke Imigrasi. Hal ini akan mempermudah proses kepulangan TKI ilegal, namun perlu di ingat proses kepulangan minimal memerlukan 3 hari kerja.

SUARABMI.COM - Bagi TKI Ilegal yang mau menyerahkan diri hendaknya mempersiakan data diri jika masih ada seperti ARC dan Paspor baik asli atau foto kopinya.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close