loading...

Photo LBMI
SUARABMI.COMDua TKW perempuan di Taiwan dikejutkan dengan datangnya surat dari pengadilan. Surat yang isinya merupakan peringatan atas hutang mereka di bank yang tidak pernah dicicil dengan total tagihan NTD 56.070 setara 23 Juta (kurs Rp. 412/Nt. 1). 

"Kami benar-benar kaget menerima surat tersebut, yang kata majikan itu surat serupa tagihan hutang sebesar 56.070 NT," kata AM.

Mendapati dua pembantunya terlibat hutang, majikan mereka sempat menegur dengan keras dan menganggap mereka terlalu gegabah. AM dan KT menyangkal tentang hutang tersebut. 

"Tentu saja boss marah kepada kami, tetapi kami menyangkal hutang itu. Lha wong memang tidak pernah berhutang kepada siapapun selama di sini, juga tidak pernah meminjamkan identitas kepada siapapun," imbuhnya.
[ads-post]
AM dan KT berangkat dari PJTKI dan agency yang sama, bekerja satu rumah pula, hanya terpaut dua bulan, AM 11 bulan dan KT baru 9 bulan. 

Menurut agency di Taiwan, tagihan itu tidak ada hubungannya dengan agency. "Surat peringatan itu tidak ada hubungannya dengan agen, karena mereka selama ini oke-oke saja. Tetapi agen akan membantu mencari tahu tentang kebenaran surat tersebut," kata Nona Jhen, dari agency yang menempatkan AM dan KT.

Sehari kemudian AM dan KT mendapat pemberitahuan dari agen, bahwa surat tersebut adalah surat tagihan biaya pemberangkatan mereka yang seharusnya dicicil tiap bulan selama sembilan bulan, tetapi pihak majikan ternyata lalai. 

"Walaa...ternyata itu surat pemberitahuan potong gaji kami yang selama selama sembilan bulan tidak dibayarkan sama boss. Kami tentu saja tidak tahu, lha wong... kami tiap bulan terima bersih," kata AM. 

Seperti diketahui potongan gaji buruh migran perempuan atau TKW untuk biaya pemberangkatan memang ada majikan yang menyerahkan ke agen untuk membayarkan. Tetapi banyak juga yang dibayarkan langsung oleh majikan melalui transfer bank. Kejadian yang menimpa AM dan AT, ada kemungkinan majikan terlalu sibuk atau lupa untuk mentransfer. 

"Belum diketahui kebenarannya, kami sudah terima omelan dulu. Eh ternyata karena boss yang teledor. Nasib... pembantu selalu salah. Tapi, ya sudahlah. Kami lega sudah tahu duduk persoalannya dan bukan kami yang salah," pungkas AM

SUARABMI.COM - Dua TKW perempuan di Taiwan dikejutkan dengan datangnya surat dari pengadilan. Surat yang isinya merupakan peringatan atas hutang mereka di bank yang tidak pernah dicicil dengan total tagihan NTD 56.070 setara 23 Juta (kurs Rp. 412/Nt. 1).

Post a Comment

Powered by Blogger.
close