loading...

SUARABMI.COMStatusnya menjadi viral dan banyak pihak seolah menyalahkan tim dokter yg justru berusaha menyelamatkan sang adik. Disini saya tidak mau membela atau pun menambah kesedihan dari pihak keluarga sebaliknya saya turut prihatin dan berduka dgn musibah yg menimpa adinda angel. Namun maksud tulisan ini agar masyarakat juga harus tahu dan paham supaya kejadian seperti ini tak terulang lagi di kemudian hari. 

Adalah dr. Dwi Sakti seorang dokter spesialis ahli bedah yg menangani pasien angel dengan diagnosa peritonotis akibat Perforasi Usus Buntu / pecahnya usus buntu. Ya usus buntu kerap menimbulkan masalah infeksi, ukurannya kecil tp jika mengalamin infeksi bisa menyebabkan keluhan yg mengancam jiwa pasien. 

Sebut saja pasien seorang anak bernama angel yg mwnurut info awalnya mengeluh nyeri perut berulang, ketika diperiksa dokter anak krn kecurigaan usus buntu lalu di serahkan penanganannya ke bagian bedah. Diagnosa radang usus buntu tidaklah terlalu sulit dan bahkan biasanya khas sekali keluhan pasien. Itulah sebabnya doktet anak langsung bs dgn mudah mengenali hingga langsung di kirim ke bagian bedah utk dpt ditangani segera. 

Kenapa sayatan operasinya lebar sekali? Bagi masyarakat yg awam dlm dunia medis mungkin akan melihat ini mengerikan dan berpikiran ini malpraktik, dokternya ga pinter, dokternya sekolahnya nembak, dokternya ngawur, dokternya bla.. Bla.. Bla.. Setidakny itulah yg kami baca dri komentar netizen di status facebook kakak angel. 

Tp mhn maaf sekali lg yuk kt belajar sama2, jangan bayangkan bahwa usus buntu itu penyakit yg ringan karena ada yg namanya komplikasi pd sebuah penyakit dan komplikasi pd usus buntu adl Perforasi Usus Buntu, dimana usus buntu yg meradang membengkak dan akhirnya pecah sehingga Nanah berhamburan mengisi hampir seluruh rongga Perut sehingga menyebabkan peritonitis. 
[ads-post]
Peritonitis adalah peradangan lapisan tipis di dinding bagian dalam perut (peritoneum). Peritoneum juga berfungsi untuk melindungi organ di dalam perut. Jika dibiarkan memburuk, maka peritonitis bisa menyebabkan infeksi seluruh sistem tubuh yang membahayakan nyawa.

Apa nama operasi dengan sayatan yg lebar itu? 

Laparotomi, ya operasi laparotomi harus dan wajib dilakukan untuk menangani kasus peritonitis. Tujuannya utk membersihkan isi organ dalam perut yang tercemar nanah dari usus buntu yg pecah tadi. Jadi penanganan peritonitis akibat perforasi usus buntu dan hanya radang usus buntu itu sangat berbeda. Kalau radang usus buntu biasanya sayatan operasi kecil maka utk operasi Laparotomi pd kasus peritonitis akibat perforasi radang usus buntu sayatan harus lebar karena organ yg harus dibersihkan dari nanah didalam rongga perut banyak dan luas sehingga tidak akan mungkin dilakukan jika sayatannya kecil. 

Komplikasi dapat terjadi pada peritonitis bakterial akut sekunder, dimana komplikasi tersebut dapat dibagi menjadi komplikasi dini dan lanjut, yaitu:

a.Komplikasi dini
- Septikemia dan syok septic
- Syok hipovolemik
- Sepsis intra abdomen rekuren yang tidak dapat dikontrol dengan kegagalan multi system
- Abses residual intraperitoneal
- Portal Pyemia (misal abses hepar)

b.Komplikasi lanjut
- Adhesi
- Obstruksi intestinal rekur

Bukan kami menakut-nakuti tapi komplikasi ini sungguh sangat berbahaya dan mematikan jika terlambat dalam penanganan. Karena komplikasinya yang berat akhirnya menurut info pasien dirawat di ICU beberapa hari hingga akhirnya menjalani operasi 2kali setelah beberapa hari sempat membaik tiba2 paien mengalami penurunan kesadaran dan kondisinya terus menurun hingga akhirnya meninggal. 

Beberapa orang sering mengira sakit perut di kanan bawah yg berulang sebagai sebuah sakit perut biasa. Dari info yg didapat pula bahwa angel sdh beberapa lama mengeluh demam dan nyeri perut namun tdk langsung dibawa ke dokter dan bahkan sempat dipijat dibagian perut. Tentu kondisi pemijatan jika tdk tepat malah bisa semakin memperberat penyakit. Krn selain memicu perforasi /pecahnya radang usus buntu itu sendiri jk otomatis semakin cpt menyebarkan isi pecahan di dalam rongga perut pasien. 

Tp sekali lg kami turut prihatin dan berduka bagi keluarga angel. Smg keluarga diberi kesabaran dan angel mendapat terbaik disisiNya.

SUARABMI.COM - Statusnya menjadi viral dan banyak pihak seolah menyalahkan tim dokter yg justru berusaha menyelamatkan sang adik.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close