loading...


SUARABMI.COM - Setelah seminggu atau sebulan penuh berkutat dengan pekerjaan yang melelahkan, suasana libur seperti apa yang sahabat Is inginkan? Bertemu dengan teman-teman, mengunjungi tempat wisata atau sekedar berbelanja di Taipei Underground Mall? Nah, untuk yang hobi fotografi dan jalan-jalan ke tempat yang lebih santai, kali ini kami akan mengenalkan tempat-tempat baru yang mungkin bisa dijadikan pilihan lain, selain Stasiun Taipei.

“The Great Lake” Dahu Park

Dahu Park adalah ketenangan di tengah keramaian Kota Taipei. Suasana danau yang damai dan sejuk akan menjadi pemandangan pertama saat kita tiba di sini. Taman seluas 13 hektar ini berada di Neihu District, di timur laut Kota Taipei. Meski danau ini adalah danau buatan, namun panorama di sini terasa sangat alami. Bila cuaca sedang cerah, hamparan Danau Dahu akan memantulkan bayangan Bukit Erget layaknya sebuah cermin,  diselingi oleh burung bangau yang sesekali melintas, membuat pemandangan terasa seperti sebuah lukisan yang sempurna.

Dahu Park2
[ads-post]
Sekilas tentang sejarah Dahu Park, dimana Taman ini adalah proyek pembangunan pertama sejak wilayah Neihu berganti dari Neihu Township menjadi Neihu District. Pada bulan Februari 1976 pemerintah mengumumkan tentang perencanaan pembangunan Danau Dahu, dan dua tahun kemudian ditetapkan daerah Wu Fen dan Nei Kou Hsiau menjadi areal danau. Hingga saat ini Danau Dahu sudah dibuka untuk umum selama lebih dari 30 tahun. Perbaikan demi perbaikan juga terus dilakukan untuk menambah keanggunan The Great Lake, sebutan lain dari Danau Dahu.

Taman Dahu ideal sekali untuk acara family gathering, nyaman karena pepohonan yang rimbun membuat musim panas tidak terlalu membakar. Sahabat Is bisa membawa beberapa teman, bekal makanan dan alas duduk. Menikmati kebersamaan dan keindahan alam sekaligus adalah kesempatan yang jarang kita dapatkan.

Selain sebagai tempat rekreasi, Taman Dahu juga terkenal sebagai tempat konservasi burung ergret (kuntul). Kabarnya desain tiang lampu yang berwarna putih disepanjang taman ini juga dibuat menyerupai anatomi burung kuntul, meski kami tidak begitu menemukan kemiripan bentuk antara keduanya. Mungkin di lain kesempatan sahabat Is bisa memberikan penilaian sendiri saat berkunjung ke tempat ini.

Dahu park3

Untuk keseimbangan ekologi, pihak pengelola taman membuat kolam pemijahan ikan, tujuannya adalah untuk menyediakan makanan yang cukup bagi burung-burung. Bila kalian hobi memancing, di beberapa bagian danau juga diperbolehkan memancing, tapi dilarang menggunakan jala. Sebagian pemancing ikan di sini terlihat seperti sekedar menyalurkan hobi, karena ikan di danau ini terbilang kecil-kecil. Mereka tidak benar-benar mencari ikan. Salah satu pemancing malah dengan sengaja mengail ikan hanya untuk memberi makan burung kuntul. Tak heran bila ‘para burung’ tak takut untuk menunggui hasil pancingan dengan terbang hanya di sekitaran area itu saja.

Transportasi menuju Dahu Park sangat mudah, karena dilewati oleh MRT Wenhu Line. Dari Taipei Main Station bisa menggunakan MRT Banan Line, turun di Nangkang kemudian transfer ke jalur Wenhu Line, dan turun di Dahu Park Station. Hanya empat stasiun saja dari Nangkang.

Miramar Entertainment Park

Untuk melengkapi hari libur sahabat Is, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan MRT ke arah Taipei Zoo kemudian turun di Jiannan Road Station. Miramar Mall dengan Ferris Wheel-nya yang megah akan segera terlihat dari sini. Dengan membayar tiket seharga NT$ 200 pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Taipei dari Ferris Wheel yang berada di lantai atap (lantai 6) Miramar Mall. Bagi pencinta cinema, IMAX theatre dengan layar terbesar di Asia bisa ditemukan di sini. Menikmati sebuah film dengan dimensi layar 28 x 21 meter tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang mengesankan.

Bishan Temple

Tempat wisata yang terakhir kali ini adalah kuil Zhang Kai Bi. Kuil yang berada di pegunungan Bi ini mempunyai pemandangan yang sangat bagus. Kita bisa menikmati panorama Kota Taipei dari balkoni kuil yang terlihat seperti cekungan di antara bukit-bukit yang mengitarinya. Sungai Tamsui akan terlihat seperti ular panjang yang berkelok-kelok. Di samping kuil ada tangga batu menuju puncak, kalian bisa menemukan taman kecil yang biasa digunakan untuk berolah raga oleh penduduk setempat. Pastikan sahabat Is mengunjungi Bishan Temple saat cuaca cerah agar pemandangan dan pengambilan foto tidak terganggu oleh kabut.

Akses menuju Bishan Temple akan membuat kita sedikit menunggu. Dari MRT Taipei City Hall Station, kita bisa naik bus kecil nomer 2 (小2)  kemudian turun di halte Bishan Rd, 16 bus stop dari City Hall. Dari situ kita bisa menuju Bishan Temple dengan berjalan kaki karena sudah cukup dekat.

SUARABMI.COM - Setelah seminggu atau sebulan penuh berkutat dengan pekerjaan yang melelahkan, suasana libur seperti apa yang sahabat Is inginkan? Bertemu dengan teman-teman, mengunjungi tempat wisata atau sekedar berbelanja di Taipei Underground Mall? Nah, untuk yang hobi fotografi dan jalan-jalan ke tempat yang lebih santai, kali ini kami akan mengenalkan tempat-tempat baru yang mungkin bisa dijadikan pilihan lain, selain Stasiun Taipei.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close