loading...

Mengenai Cuti Tahunan di Taiwan dan Ketentuannya, Sebarkan Untuk TKI Agar Tahu
SUARABMI.COM - Taiwan, Assalamualaikum Kak Aku mau tanya, apa itu cuti tahunan, dan bagaimana cara mengambilnya? Apakah bisa cuti tahunan saya dipakai untuk cuti pulang ke Indonesia? Dan cuti tahunan di hitung dari tanggal saya tiba di Taiwan atau dari satu majikan?

Salam sejahtera dan semangat, Ana di Yunlin
  • Cuti tahunan adalah masa cuti yang digaji yang diberikan kepada tenaga kerja yang genap bekerja dalam kurun waktu tertentu untuk satu majikan. Jumlah hari cuti dan cara cuti ditentukan dalam perjanjian kerja dua belah pihak. Sebelum cuti, tenaga kerja harus mengajukan ijin cuti terlebih dahulu dan memberi kesempatan kepada majikan untuk mengatur pekerjaan.
  • Di Taiwan Untuk tenaga kerja sektor formal (bukan rumah tangga), ketentuan cuti tahunan adalah berdasarkan undang-undang dasar tenaga kerja pasal 38, yaitu tenaga kerja yang bekerja pada majikan yang sama mencapai waktu yang tertentu berhak mendapatkan cuti tahunan, perhitungan cuti tahuanan adalah sesuai dengan ketentuan di bawah ini:[ads-post]
    • Kerja genap 1 tahun sampai 3 tahun, berhak mendapat cuti tahunan 7 hari.
    • Kerja genap 3 tahun sampai 5 tahun, berhak mendapat cuti tahunan 10 hari.
    • Kerja genap 5 tahun sampai 10 tahun, berhak mendapat cuti tahunan 14 hari.
    • Kerja genap 10 tahun ke atas, setiap tahun mendapat tambahan 1 hari, maksimal penambahan sampai 30 hari.
Sedangkan untuk tenaga kerja sektor rumah tangga, ketentuan cuti tahunan tercantum dalam perjanjian kontrak kerja antara majikan dan tenaga kerja. [source]
  • Mbak Ana boleh ambil cuti tahunan untuk pulang liburan ke Indonesia, tapi tetap harus musyawarah dengan majikan dan ejensi, supaya tidak terjadi perselisihan.
Jawaban oleh Karissa staf Depnaker New Taipei City

SUARABMI.COM - Taiwan, Assalamualaikum Kak Aku mau tanya, apa itu cuti tahunan, dan bagaimana cara mengambilnya? Apakah bisa cuti tahunan saya dipakai untuk cuti pulang ke Indonesia? Dan cuti tahunan di hitung dari tanggal saya tiba di Taiwan atau dari satu majikan?

Post a Comment

Powered by Blogger.
close