loading...

SUARABMI.COM - Taiwan, Indonesia ingin merevisi nota kesepahaman (MOU) dengan Taiwan untuk meningkatkan gaji minimum bagi pekerja di Kapal (ABK) dan PRT di Taiwan.

Hal ini sebagaimana dikatakan Hindarno, Direktur penempatan dan perlindungan TKI di Luar negeri kepada CNA Taiwan sebagaimana dilansir oleh suarabmi.com

Indonesia ingin revisi khususnya pada hak-hak dan manfaat pekerja nelayan Indonesia di Taiwan karena kondisi mereka tidak begitu menguntungkan, kata Hindarno.

Indonesia akan meminta Taiwan untuk meningkatkan upah pekerja ABK setidaknya sama dengan upah pekerja Lokal di Taiwan untuk gaji pokoknya.

Selain itu Hindarno juga akan meminta fasilitas TKI khsuusnya nelayan agar mereka dapat bekerja sesuai proporsinya dan dapat beristirahat sesuai kebutuhannya.
[ads-post]
Adapun pembantu rumah tangga, termasuk pembantu dan pengasuh, upah mereka juga harus mencapai tingkat upah minimum di Taiwan, katanya. 

Meskipun pemerintah Indonesia ingin upah lebih tinggi dan kondisi yang lebih baik bagi pekerja, ia juga mengakui bahwa ada banyak masalah terkait pekerja migran yang lari dari majikan dan dari pekerjaan mereka, kata Hindarno. 

Hindarno  mengatakan, Kementerian tenaga kerja dan Transmigrasi akan membahas penyebab masalah dan cara untuk mencegahnya dengan otoritas Taiwan yang relevan. 

Indonesia berencana untuk membahas revisi MOU terkait hal ini antara bulan Oktober dan Desember 2016 tahun ini di Taiwan.

Dimana MOU sebelumnya telah ditandatangani oleh perwakilan Taiwan untuk Indonesia, Hsia Li-yan (夏立言), dan Harmen Sembiring, perwakilan dari Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia untuk Taipei, pada tahun 2011 lalu yang selanjutnya akan di revisi tahun ini.

Menurut Kementerian Tenaga Kerja Taiwan, gaji pekerja asing di sektor industri berdasarkan upah minimum Taiwan dari NT $ 20,008 per bulan.  dan PRT NT$ 17.000 per bulan sejak September tahun lalu. Untuk besaran kenaikan gaji yang diminta pemerintah Indonesia masih dalam tahap negosiasi. cna

SUARABMI.COM - Taiwan, Indonesia ingin merevisi nota kesepahaman (MOU) dengan Taiwan untuk meningkatkan gaji minimum bagi pekerja di Kapal (ABK) dan PRT di Taiwan.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close