loading...

SUARABMI.COMSURABAYA, Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea-Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Bandara Juanda menggagalkan upaya penyelundupan sabu dari luar negeri. 

Pelakunya adalah RY (39), seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia. Agar lolos dari pengamatan petugas, pria asal Sampang ini nekat menyimpan sabu itu di lubang anus menggunakan kondom.

Namun, upaya tersebut gagal saat ia memasuki Bandara International Juanda di Sidoarjo. Kepala Bea dan Cukai Bandara Juanda, Muchamad Moeljono, mengatakan penangkapan ini bermula ketika petugas mencurigai gerak-gerik RY saat turun dari pesawat pada Rabu 27 Juli 2016.  Tindak lanjut dari kecurigaan itu, petugas melakukan pemeriksaan secara mendalam melalui mesin X-ray. 

"Ditemukan di dalam tubuh tersangka dua bungkus berisi kristal putih diduga kuat methamphetamin atau sabu masing-masing 30 gram. Narkoba itu dimasukkan melalui anus," tutur Moeljono, Rabu (10/8/2016). 
[ads-post]
Setelah petugas memastikan, RY akhirnya digelandang ke Markas Bea dan Cukai untuk menjalani proses hukum. Sementara sabu seberat 60 gram berhasil diamankan petugas. 

Sementara Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Juanda juga mengamankan tiga kurir narkoba dengan jaringan yang berbeda. 

Mulanya pada Sabtu 23 Juli 2016, petugas mendapati narkotika jenis sabu seberat 415 gram di koper milik RM (35). Tenaga kerja wanita (TKW) ini diamankan di Bandara Interantional Juanda sepulang bekerja di Malaysia. 

Kemudian pada Senin 25 Juli 2016, petugas juga mengamankan narkotika jenis sabu dari TKI yang bekerja di Malaysia seberat 285 gram dari tangan NH (40). Kemudian, petugas juga mengamankan seorang tersangka yakni (SR) yang bertugas menjemput NH. 

Moeljono menjelaskan, tiga tersangka asal Malang itu semuanya berperan sebagai kurir. Sabu-sabu yang dibawa mereka semuanya berasal dari TKI di Malaysia berinisial T. "Para tersangka dijerat dengan Pasal 113 Ayat (1) dan (2) Undang-Undang Narkotika," tuturnya. okeone

SUARABMI.COM - SURABAYA, Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea-Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Bandara Juanda menggagalkan upaya penyelundupan sabu dari luar negeri.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close