loading...

2 Kali di Terminate 2 Kali Uang Saku Dari Majikan Ditodong Agensi Tanpa Sisa Hingga Memutuskan Menjadi TKW Ilegal
SUARABMI.COM - Hong Kong, Kisah TKW asal Wonosobo ini sangat menyedihkan, berniat kerja di Hong Kong untuk membantu perekonomian, untuk tak didapat justru sial menimpa berkali-kali.

2015 lalu ia memutuskan untuk kerja di Hong Kong namun baru 1,5 bulan bekerja di Sai Wan Ho, majikan memutus (terminate) kontrak kerjanya. “Saya sakit, punya batu di empedu dan sakit maag, lalu masuk rumah sakit. Sekeluar dari rumah sakit, majikan memutus kontrak kerja saya,”  ujar TKW asal Wonosobo ini.

Saat diterminate ia mendapat uang saku dari Majikan namun agensi merampas semua uang pemutusan kerja dari majikan yang hampir HK$8,000 sebagai pembayaran gaji sebulan, uang makan, transportasi, dan tiket.

Ia pun dicarikan majikan baru dan dikenakan potongan gaji tambahan sebesar HK$6,000. Lagi-lagi, baru bekerja 1,5 bulan di Sheung Wan, ia kembali di-terminate, dengan alasan majikan tak lagi memerlukan pembantu rumah tangga.
[ads-post]
Majikan pun memberikannya uang sekitar HK$4,000 sebagai uang gaji sebulan dan uang transportasi untuk pulang ke kampung halaman. Plus, majikan memberikan tiket pesawat terbang. Lagi-lagi, semua uang itu digasak agensi yang sama.

Keukeuh ingin terus mengadu nasib di Hong Kong, ia nekad keluar dari agensi yang telah merampas HK$11,000 uang miliknya itu dan mencari agensi lain, untuk mendapatkan majikan baru. Namun usahanya gagal. “Sampai akhirnya, tanggal 11 April 2016 saya overstay,” ujarnya.

“Saya inginnya pulang. Tapi tiket yang diberikan majikan hangus, dan saya tidak punya duit, tak bisa beli tiket lagi. Saya jadi bingung,” ujarnya, sambil meneteskan air mata.

Dia bersyukur, pada 24 Agutus silam dikenalkan oleh temannya kepada seorang pengurus sebuah gereja di Jordan, saat digelarnya Peringatan Kemerdekaan RI di gereja tersebut. Setelah dicurhati, pengurus gereja itu kemudian menghubungkannya dengan Christian Action.

“Setelah saya ketemu Christian Action, saya merasa aman. Ada tempat tinggal dan makan. Saya bersyukur sekali,” ujarnya terbata-bata, tak kuasa menahan tangis, sambil berharap bisa secepat mungkin pulang Indonesia. sumber

SUARABMI.COM - Hong Kong, Kisah TKW asal Wonosobo ini sangat menyedihkan, berniat kerja di Hong Kong untuk membantu perekonomian, untuk tak didapat justru sial menimpa berkali-kali.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close