loading...

Ratusan TKI Malaysia Lakukan Isbat Nikah Untuk Mendapatkan Buku Nikah Dari Pemerintah
SUARABMI.COM - Sebanyak 110 pasang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mengikuti sidang isbat nikah yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal RI di Kuching, Sarawak, Malaysia. Sidang isbat nikah ini bekerja sama dengan Pengadilan Agama Jakarta Pusat.

"Mereka adalah pasangan suami istri yang sudah menikah, tetapi tidak memiliki hukum atau tidak memiliki buku nikah sesuai aturan yang berlaku," kata Ketua Pengadilan Agama Jakarta Pusat, Mochammad Sukri, di Kuching, Selasa (27/9).

Sukri menjelaskan, program isbat nikah diselenggarakan oleh Konjen RI bekerja sama dengan Pengadilan Agama Jakarta Pusat di negara-negara yang banyak terdapat TKI, seperti di Malaysia dan Arab Saudi. "Kami berharap program ini terus dilakukan untuk memberikan perlindungan hukum bagi TKI yang sebelumnya sudah menikah, tetapi belum sah secara hukum positif," ujarnya.
[ads-post]
Sementara itu, Pejabat Fungsi Konsuler II KJRI Kuching, Muhammad Abdullah mengatakan, sebenarnya yang mendaftar untuk mengikuti sidang isbat nikah sebanyak 191 pasang, bahkan mereka sudah membayar ongkos sidang. Namun, sebanyak 81 pasang TKI batal mengikuti sidang isbat nikah karena masih harus menyelesaikan urusan administrasi, misal paspor mereka masih diproses oleh Imigrasi.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah karena telah membantu untuk mengesahkan perkawinan para TKI yang bekerja di Sarawak. Terutama, mereka yang sebelumnya telah menikah di bawah tangan, yang secara agama sudah sah, tetapi secara hukum belum diakui oleh negara," katanya.

Menurut Abdullah, program isbat nikah telah berjalan sejak beberapa tahun lalu setelah diketahui banyak pernikahan yang dilakukan WNI. Khususnya, para TKI yang tidak tercatat baik di KJRI maupun di kantor KUA.

Untuk mengikuti sidang isbat nikah hanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 116 ribu atau 38 Ringgit Malaysia, dan uang tersebut langsung dikirimkan ke rekening Pengadilan Agama Pusat di Jakarta. republika

Sebanyak 110 pasang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mengikuti sidang isbat nikah yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal RI di Kuching, Sarawak, Malaysia. Sidang isbat nikah ini bekerja sama dengan Pengadilan Agama Jakarta Pusat.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close