loading...

SUARABMI.COM - Taiwan, Standar Gaji rendah sudah lama menjadi perhatian negara sebagai salah satu masalah yang harus dibenahi. 

Mulai dari jam kerja yang terlampau lama hingga gaji sedikit yang dialami pekerja ternyata tak hanya menimpa pekerja dari luar negeri. 

Seorang pekerja part time (sambil bekerja sambil sekolah) membagikan sebuah foto mengenai peraturan gaji di tempatnya bekerja.

Gadis yang baru duduk di bangku SMA ini bekerja di sebuah toko minuman di daerah Tainan. Gajinya hanya 90 NTD/jam, padahal standar gaji yang ditetapkan bagi pekerja part time adalah 120/ jam. 

Ia mengaku terpaksa menjalani pekerjaan ini untuk membiayai kebutuhan hidupnya sehari-hari. Ibunya sakit parah dan membutuhkan banyak biaya untuk pengobatan.
[ads-post]
Toko minuman tempatnya bekerja tidak membayar gaji lembur, padahal ia harus terus bekerja setelah menandai kartu absen. 

Masih ada peraturan aneh lainnya yang harus ditaati oleh pekerja, misalnya : salah membuat minum, minuman harus diminum sendiri, denda 50 NTD per gelas. 

Lupa menaruh sedotan dan tidak menyapa tamu, gaji dipotong 50 NTD. Label penutup atau gelas rusak dipotong 5 NTD. Tumpah harus ganti 100 NTD. 

Salah menghitung pembayaran, harus ganti 5x lipat. Minuman habis diminum sebelum jam pulang, denda 50 NTD. Tidak sembahyang sebelum kerja, potong 100 NTD. Lupa mematikan kipas potong 300 NTD. Mengundurkan diri, minimal 1 bulan sebelumnya atau gaji dipotong 1 minggu.

Beberapa orang mengatakan peraturan ini cukup berlebihan. Daerah seperti Taipei mungkin akan memberlakukan denda bagi toko seperti ini. 

Namun, kabarnya di daerah Tainan, banyak toko sejenis yang memberikan gaji kecil bagi para pekerjanya. Bahkan mungkin gaji sebulan habis untuk membayar berbagai denda yang diberlakukan. Bagi teman-teman yang merasa pekerjaan dan gaji tidak sesuai standar, dapat langsung menghubungi depnaker. timedia

SUARABMI.COM - Taiwan, Standar Gaji rendah sudah lama menjadi perhatian negara sebagai salah satu masalah yang harus dibenahi.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close