loading...

Majikan Hong Kong Wajib Kasih Uang Makan Pembantunya Sebulan HK$ 1037 atau Makanan Gratis yang Manusiawi
SUARABMI.COM - Konsulat jenderal Filipina di Hong Kong telah merekomendasikan kepada majikan untuk memberikan uang makan bulanan sebesar HK $ 1.037 untuk pembantu rumah tangga.

Langkah ini dilakukan setelah menerima keluhan dari TKW Filipina bahwa mereka tidak diperlakukan secara adil dalam hal makanan.

Pengusaha diwajibkan oleh hukum untuk memberikan TKW makanan gratis atau tunjangan bulanan sebesar HK $ 1.037.

Wakil Konsul Alex Vallespin mengatakan bahwa sebagian besar Majikan di Hong Kong lebih memilih memberikan jatah makanan daripada memberikan uang sebesar HK$ 1037.

Namun, banyak TKW yang mengeluh karena banyak majikan yang hanya memberikan sarapan atau menu makan roti atau biskuit dan mie instan yang tidak mengenyangkan sedangkan mereka harus kerja extra.
[ads-post]
Menurut tuntutan dari Pemerintah Filipina, makanan gratis untuk TKA harus berupa Nasih baik untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Namun dalam kenyataannya, mereka akhirnya makan sisa majikan mereka. Vallespin mengatakan ia telah meminta agar tunjangan dibuat wajib dalam kontrak kerja.

Betty Yung, ketua Asosiasi Pengusaha Domestik mengatakan bahwa wajib uang makan akan meningkatkan beban pengusaha, yang pada gilirannya dapat menjadikan permasalahan baru bagi para majikan dan akan lebih sedikit para pengusaha yang mampu mengambil pembantu.

Tang Kin-wah, direktur Hong Kong Federasi Pekerja Rumah Tangga Asia mengatakan banyak pembantu harus membeli makanan dengan uang mereka sendiri.

Sementara untuk TKW asal Indonesia, KJRI juga akan memberlakukan larangan lap jendela luar partemen yang tinggi namun untuk hal ini masih menunggu reaksi dari KJRI setelah pemerintah Filiphina menerapkan hal ini. EJS

Konsulat jenderal Filipina di Hong Kong telah merekomendasikan kepada majikan untuk memberikan uang makan bulanan sebesar HK $ 1.037 untuk pembantu rumah tangga.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close