loading...

KDEI Taipei Menggelar Pelatihan Seni Simpul Tali 'Chinese Knotting' Untuk BMI Taiwan
SUARABMI.COMKantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei kembali menggelar pelatihan bagi para tenaga kerja Indonesia (TKI). Kali ini, TKI dari berbagai wilayah di Taiwan mengikuti pelatihan seni simpul “Chinese Knotting”. Melalui pelatihan ini, TKI diharapkan dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan produktif dan bernilai ekonomi.

Seni simpul “Chinese Knotting” merupakan kerajinan tangan yang berasal dari Tiongkok. Tak hanya sebagai pernak-pernik hiasan rumah, hasil karya seni simpul “Chinese Knotting” juga dapat menambah penghasilan para TKI. Apalagi, bahan-bahan yang dibutuhkan juga dengan mudah dapat diperoleh di toko kancing.

“Seni simpul ini sangat mudah dikerjakan di sela-sela kegiatan harian. Misal, TKI sedang menjaga pasien, atau jalan-jalan ke taman, sambil berbincang mereka bisa membuat kerajinan ini,” tutur Kartika Dewi, mentor pelatihan seni simpul “Chinese Knotting” ditemui di sela-sela pelatihan, Minggu (06/11).
[ads-post]
Kartika menjelaskan, seni karya ini tak hanya dikerjakan bagi perempuan. “Laki-laki juga bisa berkarya, motif-motif yang dikerjakan nanti bisa kita sesuaikan,” tambah Kartika yang telah 7 (tujuh) tahun lebih menggeluti kerajinan ini.

Pelatihan selama sehari penuh yang digelar di kantor KDEI Taipei di Rui Guang Road, Neihu, Taipei, ini dihadiri TKI yang berasal dari Taipei, New Taipei City, Chungli, Taoyuan, dan sekitarnya. Mereka terlihat antusias menyimak sesi pelatihan.

“Seraplah ilmu yang diberikan oleh pengajar. Harapan kami, mba-mba semua yang hadir, kelak bisa mandiri, dan sekembalinya ke Indonesia, bisa berwirausaha di kampung halaman,” tandas Kepala Bidang Ketenagakerjaan KDEI di Taipei, Devriel Sogia Raflis.

Devriel menjelaskan, sejumlah pelatihan bagi TKI sepanjang tahun 2016 telah dilakukan oleh Bidang Ketenagakerjaan KDEI di Taipei. Di antaranya, pelatihan membuat minuman khas chenchu naicha, pelatihan pertanian organik, dan pelatihan pemandu wisata. (*) Foto-foto: untung subejo/ KDEI

Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei kembali menggelar pelatihan bagi para tenaga kerja Indonesia (TKI). Kali ini, TKI dari berbagai wilayah di Taiwan mengikuti pelatihan seni simpul “Chinese Knotting”. Melalui pelatihan ini, TKI diharapkan dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan produktif dan bernilai ekonomi.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close