DAPETIN UPDATE BERITA MELALUI LINE DENGAN FOLLOW TOMBOL DIBAWAH INI
Tambah Teman
loading...

SUARABMI.COMJumlah korban dugaan skema MLM piramida seperti diungkapkan oleh South China Morning Post 17/12 terus bertambah dengan kerugian tercatat sebesar HK $ 12 juta.

Kasus ini mencuat setelah beberapa korban membawa masalah ini ke pengadilan dan seorang pria yang digugat oleh mantan mitra bisnisnya membantah kalau dirinya terlibat dalam skema MLM Pyramida.

Menurut juru bicara polisi, sejak 27 Maret sampai 6 Desember terdapat 291 orang mengajukan gugatan. Juru bicara itu mengatakan, dua tersangka yang ditangkap pada bulan Maret, telah menjadi tahanan kota dengan jaminan dan harus hadir di pengadilan pada bulan Februari 2017.

Skema (MLM) piramida (Mezzo) ini telah berlangsung sejak 2013 hingga klimaksnya pada awal tahun 2016. Ratusan pembantu rumah tangga asing di Hong Kong menjadi korban, terutama BMI.
[ads-post]
SCMP 4 September lalu mengexpose kasus ini mencatat kerugian  peserta sebesar HK $ 8.400.000 dan kini meningkat menjadi HK $ 12 juta dan jumlah korban yang melapor mencapai angka 291 orang, hampir duakali lipat dibandingkan bulan September.

Holly Allan, Direktur Helpers for Domestic Helpers, sebuah organisasi yang memberi advokasi kepada beberapa korban mengatakan, dua orang pekerja rumah tangga telah melakukan gugatan perdata terhadap Mezzo Holdings Limited dan Mezzo Holdings INC di pengadilan perdata yang disebut 'Small Claims Tribunal'

"Sulit bagi sebagian besar dari korban (PRT) untuk mengajukan gugatan perdata karena mereka terikat kontrak untuk bekerja dan tidak mampu untuk pergi menghadiri sidang di pengadilan selama seminggu. Aturan pengadilan tidak memperbolehkan mereka (korban/BMI)  diwakili oleh kuasa hukum advokat (pengacara) di Pengadilan Small Claims Tribunal'" kata Allan.

Allan menambahkan bahwa para korban juga mempertimbangkan untuk mengajukan gugatan di Pengadilan Negeri. "Tentu saja kami berharap bahwa penyelidikan bisa dilakukan lebih cepat karena kebanyakan korban  menggunakan uang pinjaman dalam jumlah besar yang mana mereka harus mengembalikan hutang itu," kata Allan. 

"Jika pelaku bisa segera diadili akan membantu gugatan perdata yang diajukan oleh korban," katanya. Ratusan korban itu sangat menderita akibat berhutang ke finance sana-sini untuk berinvestasi di perusahaan 'Mezzo'.

Tidak sedikit dari korban yang menghadapi masalah keluarga dan konflik, keretakkan sosial karena memperkenalkan kerabat dan teman-teman untuk ikut serta dalam skema MLM Mezzo (Mezzo Holdings Inc). SCMP/Kindo

Jumlah korban dugaan skema MLM piramida seperti diungkapkan oleh South China Morning Post 17/12 terus bertambah dengan kerugian tercatat sebesar HK $ 12 juta.

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-d815yzHBHls/WT4_fgfVgdI/AAAAAAAALNY/b6WBmhQn55kw2Ax8-1iwXe1qF30zmlIsgCLcB/s1600/Untitled-1.png} Suara BMI adalah portal berita Buruh Migran Indonesia di Luar Negeri yang menyajikan berita seputar BMI dan kehidupannya dari berbagai sudut pandang, kredibel dan independen {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi/} {twitter#https://www.twitter.com/suarabmi/} {google#https://plus.google.com/+EniLestarisbmi} {pinterest#https://id.pinterest.com/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCWS5cxHkSUsQcT2zWwn4OEA} {instagram#https://www.instagram.com/suarabmi}
Powered by Blogger.