loading...

SUARABMI.COM - Biaya perpanjangan kontrak tanpa pulang di Taiwan sebagaimana telah diatur oleh pemerintah memang tidak lebih dari NT$ 1000 yang terdiri dari biaya endorsment NT$ 700 dan administrasi MOL 100 dan 200.

Banyak agensi yang pasang tarif over hingga melebihi NT20.000 padahal setiap bulan agensi masih berhak mendapat NT1500 selama 3 tahun.

Banyak BMI yang telah berhasil melawan kesewenangan agensi ini. Banyaknya informasi tentang cara dan biaya perpanjangan kontrak dan mudahnya laporan membuat agensi harus tunduk terhadap peraturan tersebut.
[ads-post]
"Jika memang majikan tetap mau menggunakan agency, sahabat yang harus berani menolak jika agency memungut biaya. Karna setiap bulan agency akan mendapatkan biaya service 1500nt, dari gaji sahabat." kata salah seorang BMI yang telah memahami peraturan tersebut.

Lain halnya kisah dari Hani salah seorang BMI dan aktifis di Taiwan, peransertanya membantu BMI lain dalam melawan ketidakadilan agensi juga berbuah hasil, dimana 178 BMI yang sebelumnya dipatok biaya NT$ 20.000 kini hanya membayar NT$1000 saja untuk perpanjangan kontrak kerja tanpa pulang.

"Perjuangan yang keras dan tidak pantang menyerah pasti akan membuahkan hasil, semoga bisa buat motifasi yang lain untuk bisa lebih berani memperjuangkan apa yang seharusnya jadi hak kita" kata Hani sambil memberikan screenshort percakapan yang menunjukkan hasil positif dimana agensi tak jadi minta NT$ 20.000 untuk perpanjangan kontrak.

Kekompakan BMI dalam melawan ketidak adilan dan ketertindasan akhir-akhir ini semakin kompak dan membuahkan hasil. Bukan semata demi uang namun demi tegaknya keadilan dan BMI bukanlah orang bodoh yang mudah ditindas. be smart BMI...!

Suara BMI

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-d815yzHBHls/WT4_fgfVgdI/AAAAAAAALNY/b6WBmhQn55kw2Ax8-1iwXe1qF30zmlIsgCLcB/s1600/Untitled-1.png} Suara BMI adalah portal berita Buruh Migran Indonesia di Luar Negeri yang menyajikan berita seputar BMI dan kehidupannya dari berbagai sudut pandang, kredibel dan independen {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi/} {twitter#https://www.twitter.com/suarabmi/} {google#https://plus.google.com/+EniLestarisbmi} {pinterest#https://id.pinterest.com/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCWS5cxHkSUsQcT2zWwn4OEA} {instagram#https://www.instagram.com/suarabmi}
Diberdayakan oleh Blogger.
close