PERHATIAN : JIKA BERITA ATAU ARTIKEL KAMU INGIN DIMUAT DISUARABMI.COM, KAMU DAPAT MENGIRIMKANNNYA MELALUI FORM UNTUK KIRIM BERITA DAN ARTIKEL KAMU DISINI
Banner iklan disini
loading...
loading...

SUARABMI.COMSebelumnya peraturan Taiwan menyebutkan bahwa terhadap anak-anak yang dilahirkan oleh pekerja asing di Taiwan, namun anak-anak ini ditinggal di Taiwan, maka status anak-anak ini menjadi "anak tanpa kewarganegaraan". 

Dalam status seperti ini, tentunya sangat tidak menguntungkan bagi sang anak, karena mereka tak mampu memperoleh hak layanan kesehatan dan pendidikan secara utuh seperti layaknya anak-anak lain. 

Berdasarkan laporan yang ditulis oleh Up Media, diketahui bahwa saat ini di Taiwan terdapat 600 "anak tanpa kewarganegaraan".
[ads-post]
Untuk mengatasi masalah tersebut, dari hasil rapat yang diadakan beberapa kali oleh anggota Dewan Eksekutif Taiwan, dihasilkan kesepakatan untuk memberi kelonggaran terhadap peraturan tersebut. 

Untuk selanjutnya, anak-anak berstatus "anak tanpa kewarganegaraan" ini berhak memperoleh status kewarganegaraan sah sebagai Warganegara Taiwan.

Peraturan baru menyimpulkan bahwa kebijakan terhadap status "anak tanpa kewarganegaraan" dibagi menjadi 4 kategori yakni :
  1. Ibu adalah warga asing dan Ayah warga Taiwan, maka anak dari mereka berhak memperoleh KTP Taiwan.
  2. Ibu dan Ayah adalah warga asing, atau status Ayah tak diketahui. Maka anak dari mereka berhak diajukan permohonan sebagai warganegara Taiwan.
  3. Status Ibu dan Ayah tak diketahui, namun selama anak mereka lahir di wilayah teritorial Taiwan, maka anak tersebut berhak memperoleh KTP Taiwan.
  4. Bila Ayah tidak diketahui, sedangkan Ibu dipulangkan ke luar negeri atau keberadaannya tidak diketahui. Maka terhadap anak mereka, saat ini hanya mendapatkan ARC/ "izin tinggal".

Sumber : Up Media
Diterjemahkan oleh GWO

Sebelumnya peraturan Taiwan menyebutkan bahwa terhadap anak-anak yang dilahirkan oleh pekerja asing di Taiwan, namun anak-anak ini ditinggal di Taiwan, maka status anak-anak ini menjadi "anak tanpa kewarganegaraan".

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://plus.google.com/u/0/photos/115157821366086931748/albums/profile/6295477770107479810} SuaraBMI.com is Choice news updates about all things Indonesian's Migrant as well as trending topics in the Indonesian's Migrant social media sphere. {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi} {twitter#https://twitter.com/suarabmi} {google#https://plus.google.com/u/0/+suarabminews} {pinterest#https://www.pinteres.com} {youtube#https://www.youtube.com} {instagram#https://www.instagram.com}
Powered by Blogger.
close