PERHATIAN : JIKA BERITA ATAU ARTIKEL KAMU INGIN DIMUAT DISUARABMI.COM, KAMU DAPAT MENGIRIMKANNNYA MELALUI FORM UNTUK KIRIM BERITA DAN ARTIKEL KAMU DISINI
Banner iklan disini
loading...
loading...

Angka Perceraian di Kampung Percontohan Desa Migran Ini Didominasi Oleh TKI
SUARABMI.COMDesa Kuripan, Watumalang, Wonosobo selama ini dikenal sebagai salah satu desa yang menjadi kantong buruh migran. Sebagian besar warga mengadu nasib untuk mengais rezeki di luar negeri.

Kepala Desa Kuripan, Wahyu Cahya Agung mencatat ada 170 warganya yang menjadi buruh migran. Beberapa negara tujuan masih masih didominasi Asia, seperti di Korea, Hongkong, dan Malaysia.

"Mereka bekerja ke luar negeri tanpa keahlian khusus, juga tidak memiliki sertifikat. Tapi semuanya legal, tidak ada yang ke luar negeri secara ilegal," katanya, Jumat (30/12/2016).

Meski demikian, Wahyu mengaku angka percerain juga cukup tinggi. Dari 11 kasus perceraian, ada delapan orang yang bercerai berstatus TKI.

Buruh migran menjadi salah satu pemicu angka perceraian didesanya. "Kalau TKI, ada 8 dari 11 kasus," katanya.
[ads-post]
Pagi tadi, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri meresmikan Kuripan sebagai salah satu desa percontohan program Desa Migran Produktif. Sebab, di desa itu merupakan salah satu kantong desa yang warganya jadi buruh migran.

Menaker juga sempat berbincang dan melihat aneka usaha yang dilakukan mantan buruh migran setelah mendapat pelatihan. Mereka tidak kembali ke luar negeri karena beragam sebab, salah satunya memilih usaha setelah memiliki modal dan keahlian usaha bersama.

Saat disinggung terkait kasus kekerasan yang dialami buruh migran, Wahyu mengaku selama ini belum ada laporan di warga desanya. Terdapat enam pedukuhan di Desa Kuripan ini.

"Warga kami yang keluar negeri tidak ada permasalahan, tidak ada yang terkena kasus-kasus hukum," katanya. okezone

Desa Kuripan, Watumalang, Wonosobo selama ini dikenal sebagai salah satu desa yang menjadi kantong buruh migran. Sebagian besar warga mengadu nasib untuk mengais rezeki di luar negeri.

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://plus.google.com/u/0/photos/115157821366086931748/albums/profile/6295477770107479810} SuaraBMI.com is Choice news updates about all things Indonesian's Migrant as well as trending topics in the Indonesian's Migrant social media sphere. {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi} {twitter#https://twitter.com/suarabmi} {google#https://plus.google.com/u/0/+suarabminews} {pinterest#https://www.pinteres.com} {youtube#https://www.youtube.com} {instagram#https://www.instagram.com}
Powered by Blogger.
close