loading...
loading...

SUARABMI.COM - Sebagaimana tercantum dalam undang-undang ketenagakerjaan Hong Kong, memutus kontrak adalah BMI dan Majikan. Kasus memutus kontrak ataupun di putus kontrak juga menjadi hal biasa, ketika salah satu pihak sudah merasa tidak cocok dan merasa bermasalah maka biasanya keputusan ada di memutus kontrak.

Jika BMI mengajukan one month notice, ia juga harus mengirimkan surat tersebut ke Imigrasi hal ini untuk menghindari dicegahnya BMI keluar dari rumah majikan saat hari dengan alasan menunggu pembantu baru. Hal akan menjadikan masalah baru nantinya.

Untuk menulis one month notice, silahkan ikuti panduan di bawah ini:[ads-post]
  1. Notice bisa di tulis  tangan yang rapi, ataupun di ketik, sesuai dengan gambar diatas
  2. setelah di isi, Notice di poto kopi dua lembar
  3. Nah sekarang ada 3 lembar notice kan, ( asli satu lembar, dan yang foto kopi ada dua lembar) benarkan?
  4. Tiga lembar Notice tersebut mau di kemanakan?
    1. untuk Majikan ( lembar yang asli)
    2. di kirim ke Immigrasi pada alamat yang tertera di kertas Notice (sebelah kiri bawah)
    3.  Di pegang sendiri ( kita harus pegang sensdiri satu lembar)
  5. Setelah surat notice dikirim ke Immigrasi, maka dalam jangka satu minggu, majikan akan menerima balasan pemberitahuan dari Immigrasi HK, bahwasannya, (PRT) sudah mengajukan notice.
  6. Usahakan saat mengirim notice ke immigrasi, jangan memakai perangko, tapi langsung datanglah ke Register atau kilat ( yang antri itu lo, dan mintalah kwitansi pengiriman,  selanjutnya simpanlah kertas kwitansi tersebut sebagai bukti bahwasanya kita sudah mengirimkan notice ke Immigrasi.
  7. Apa hak-hak yang harus kita dapatkan ketika keluar dari majikan nanti?
    1. Tiket pesawat
    2. Gaji terakhir
    3. Uang cuti tahunan ( tergantung berapa lama kerja)
Untuk menghindari hak-hak kita, beranikan diri untuk menolak menandatangani kertas apapun kalu tidak jelas isi dan tujuannya, apalagi terkait denga uang, Yakinkan uang sudah di tanganmu dan hitung pas tidak jumlahnya, baru tanda tangani kertas tersebut.

Penulis Fendy Rahayu

Sebagaimana tercantum dalam undang-undang ketenagakerjaan Hong Kong, memutus kontrak adalah BMI dan Majikan. Kasus memutus kontrak ataupun di putus kontrak juga menjadi hal biasa, ketika salah satu pihak sudah merasa tidak cocok dan merasa bermasalah maka biasanya keputusan ada di memutus kontrak.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close