loading...
loading...

SUARABMI.COM - Hampir kebanyakan TKI di Taiwan kurang memahami akan isi PK sehingga banyak dari mereka yang tak mendapat hak yang semestinya dan bahkan cenderung tidak menganggap PK itu penting sehingga tidak membawa salinanya.

PK adalah surat dan bukti kuat kita untuk mendapatkan hak-hak kita yang tak ditunaikan. Dengan PK ini, jika ada masalah dan kita melapor ke 1955 atau pihak terkait maka sudah dipastikan kita 99% akan dimenangkan.

Apa saja yang perlu kamu perhatikan di PK sebelum tanda tangan?
Pertama dalah kontrak kerja
Dalam surat perjanjian kerja, lama nya kontrak kerja diatur dalam pasal 1, disanalah kamu harus melihat berapa tahun kontrak kerjamu. Jika tidak sesuai maka kamu dapat mengajukan bantuan hukum. Lihat gambar.[ads-post]
Untuk semua sektor, lama kerja diatur dalam pasal 1 ini
Kedua adalah GAJI
Berapa gaji kamu itu sudah diatur dalam PK tersebut yaitu dipasal 4 untuk sektor formal dan pasal 3 untuk informal. Dari sektor formal NT$ 21009 dan informal NT$ 17000 ada disana, tidak bisa kurang dari itu namun bisa lebih jika pemerintah menaikan gaji pokok. lihat gambar
Ini pasal 4 yang mengatur gaji standar formal adalah NT$ 21009

Waktu kerja
Jam kerja yang saat ini banyak menjadi masalah di sektor informal atau PLRT dimana banyak yang mengeluh tidak adanya waktu istirahat. Dalam pasal 3 sektor formal dan pasal 3.5 sektor informal disana dijelaskan mekanisme system kerja dan waktu istirahatnya. Coba simak gambar dibawah ini.
Sektor formal
informal, tidak ada turan khusus berapa waktu yang cukup untuk istirahat itu menurut UU. Kita juga tidak boleh dilarang ibadah sesuai kepercayaan kita.
Hari libur
Dalam PK sebenarnya sudah diatur bahwa setiap TKI berhak mendapat libur sehari dalam sepekan dimana hari libur bisa diambil atau tetap bekerja dengan ganti upah. Coba lihat pasal dibawah ini.
Ini untuk sektor informal sedangkan sektor formal sudah pasti ada liburnya
Nah, coba pahami PK kamu karena PK setiap BMI masih ada kemungkinan perbedaannya. PK kamu adalah senjata dan panduan kamu dalam bekerja, dimana dengan PK kamu akan mudah menuntut hak kamu jika dilanggar oleh majikan dan begitu juga sebaliknya.

So bagi yang punya salinan PK itu harus diperhatikan benar-benar dan bagi yang tidak mempunyainya mungkin itu kesalahan masa lalu, dimasa mendatang jangan abaikan PK kamu.

Hampir kebanyakan TKI di Taiwan kurang memahami akan isi PK sehingga banyak dari mereka yang tak mendapat hak yang semestinya dan bahkan cenderung tidak menganggap PK itu penting sehingga tidak membawa salinanya.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close