loading...

SUARABMI.COMHongkong dan Taiwan masih menjadi negara tujuan favorit tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Malang sampai 2016.

Dua negara tersebut setiap tahun mendatangkan tenaga kerja, baik laki-laki maupun perempuan, dari Kabupaten Malang dengan jumlah ratusan orang.

"Dua negara tersebut memang menjadi tempat favorit warga Kabupaten Malang yang mengais rezeki di luar negeri," kata Muhammad Iqbal, koordinator Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Malang yang merupakan bagian dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja (BNP2TKI).

Dari data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malang, Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja Ach. Junaedi membenarkan negara favorit tujuan TKI Kabupaten Malang adalah Hongkong dan Taiwan.

"Dari data tahun 2015 dan 2016, TKI dari Kabupaten Malang ke dua negara ini jumlahnya sampai ratusan orang walaupun mengalami penurunan," kata Junaedi.

Tujuan Hongkong didominasi tenaga kerja perempuan. Yakni 774 orang pada 2015 dan 2016 sebanyak 445 orang.
[ads-post]
Untuk tujuan Taiwan, ada 203 TKI laki-laki dan 836 perempuan pada 2015. Namun, tahun 2016 jumlahnya mengalami penurunan sekitar 50 persen. "Negara tujuan Taiwan turun jadi 115 TKI laki-laki dan 454 perempuan pada 2016,"imbuh Junaedi.

Penurunan jumlah TKI ke dua negara favorit tujuan warga Kabupaten Malang itu, menurut Iqbal, disebabkan perlindungan ketenagakerjaan ke luar negeri yang memakai sistem komputer tenaga kerja luar negeri (SKTKLN) semakin diintensifkan.

"Sistem sudah bisa diakses luas, bahkan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Hongkong sehingga perlindungan TKI semakin terjamin," ujarnya.

Dia mengatakan, dengan sistem komputerisasi, PJTKI tidak lagi bisa bermain-main menempatkan TKI tanpa prosedural dan aturan yang berlaku.

Selain kedua negara tersebut, Singapura juga menjadi tujuan paling diminati TKI Kabupaten Malang, yaitu sebanyak 120 orang pada 2016. "Singapura meningkat jumlah TKI-nya daripada 2015 yang hanya sebanyak 21 orang," ungkap Junaedi. (*) beritajatim

Hongkong dan Taiwan masih menjadi negara tujuan favorit tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Malang sampai 2016.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close