loading...

SUARABMI.COM - Diberlakukannya kontrak mandiri untuk BMI Hong Kong tertanggal 1 Januari kemarin menimbulkan berbagai reaksi dan tanggapan dari agen penempatan BMI di Hong Kong. 

Salah satunya adalah agensi yang bertempat di Causeway Bay yang justru senang dengan diberlakukannya kontrak mandiri tersebut.

"Kami senang saja dengan kontrak mandiri ini karena sekarang kita bicara terang-terangan saja, kalau agen itu benar kerjanya dan tidak menipu BMI, maka agen itu justru akan senang dengan kontrak mandiri karena justru akan mengurangi beban," kata salah seorang pemilik agen besar di Causeway Bay sebagaimana dilansir suara.

Memang agensi kerap kali mengeluarkan biaya lebih untuk perlindungan agen sebagaimana telah dituntut oleh KJRI.
[ads-post]
"Hari ini saja misalnya, saya harus beli tiket untuk yang ketiga kalinya untuk anak (BMI) yang sama karena anak itu punya masalah di Hong Kong sampai tiketnya hangus terus (kadaluarsa) karena dia belum bisa pulang dulu. Siapa yang tanggung jawab membelikan tiket baru untuk anak itu kalau sudah begitu kondisinya? Ya, selama ini agen," kata pemilik agen tersebut.

Dengan berlakunya kontrak mandiri agensi berharap beban mereka terhadap BMI bermasalah akan berkurang dan tidak terbebani biaya tambahan untuk kepulangan BMI dari Hong Kong ke tanah air. Hal ini juga berarti agen akan diberi kesempatan untuk bebas dari tanggung jawab atas kondisi seorang BMI, begitu BMI tersebut memilih untuk kontrak mandiri.

Kontrak mandiri ini akan bersifat sukarela, yang artinya, BMI dapat memilih menggunakan jasa agen atau memilih mengurus semua administrasi sendiri.

Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan konjen Tri Tharyat, "Ya, sesuai yang sudah saya bilang tadi, yaitu ‘they have to take full responsibility’ (mereka/majikan harus mengambil tanggung jawab penuh), begitu (BMI) kontrak mandiri,".

Salah satu syarat kontrak mandiri selain BMI itu harus memperpanjang kontrak mereka kepada majikan yang sama adalah, majikan itu sendiri harus membelikan asuransi kesehatan, dan kematian untuk pengiriman jenazah BMI dari Hong Kong sampai ke Indonesia.

Berita dimuat di SUARA edisi Dec Main 2016, terbit 23 Desember 2016

Diberlakukannya kontrak mandiri untuk BMI Hong Kong tertanggal 1 Januari kemarin menimbulkan berbagai reaksi dan tanggapan dari agen penempatan BMI di Hong Kong.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close