loading...
DAPETIN UPDATE BERITA MELALUI LINE DENGAN FOLLOW TOMBOL DIBAWAH INI
Tambah Teman
loading...

SUARABMI.COMSejak resmi diberlakukan mulai 1 Januari 2017, hingga pertengahan bulan Januari 2017 ini KJRI setidaknya sudah menyetujui 12 permohonan kontrak mandiri.

Menurut Konsul Muda Konsuler Rizki Khaerunisa, hingga 17 Januari sore KJRI sudah menerima hampir 30 dokumen aplikasi kontrak mandiri. “Yang sudah disetujui ada 12,” kata Rizki kepada SUARA.

Sebelumnya pada 11 Januari lalu, Konjen Tri Tharyat secara simbolis menyerahkan kontrak mandiri yang pertama kali disetujui oleh KJRI kepada BMI bernama Karyati.

Karyati mengaku ia mengetahui kontrak mandiri justru dari agennya ketika bulan Desember lalu hendak mengurus perpanjangan kontrak kerjanya. Karena ada informasi itu, ia memberitahukan kepada majikan yang kemudian menyuruhnya untuk mencoba kontrak mandiri.

Ia mengaku tidak ada kesulitan saat mengurus kontrak mandiri. Hanya saja ia sempat ditolak karena masih memakai kontrak kerja hijau, sementara yang sekarang berlaku adalah kontrak kerja baru yang berwarna biru yang bisa diambil di kantor Imigrasi Hong Kong.

“Nggak susah urus kontrak mandiri, pelayanannya juga baik,” ujar Karyati seraya mengatakan majikannya hanya dikenakan biaya legalisasi saja.
[ads-post]
Dua BMI lainnya, Nuryani dan Painten, yang Rabu (11/1/2017) siang tengah mengurus kontrak mandiri di loket 3 di lantai dasar KJRI juga mengaku tak sulit mengurus kontrak mandiri.

Nuryani mengaku tadinya ia ingin memperpanjang kontrak lewat agen supaya tidak repot, tapi agennya malah menyuruhnya mencoba kontrak mandiri. Setelah mengurus sendiri, ia justru lebih puas karena tambah pengalaman.

“Nggak menyesal pilih kontrak mandiri, nggak susah. Pelayanannya ramah alhamdulillah. Biasanya di atas dibilang ini, ini kadang, sekarang nggak,” katanya sambil mengatakan dirinya masih kurang memenuhi syarat surat kesehatan.

Painten mengatakan memilih kontrak mandiri karena biayanya ringan. Majikan pun sudah setuju kontrak mandiri.

Ia pun mengaku tidak susah mengurus kontrak mandiri, terbukti hanya dua kali datang semua dokumennya sudah dinyatakan lengkap.

Terkait syarat kontrak mandiri, Konjen Tri meminta para BMI merujuk aturan resmi yang ada di Facebook KJRI saja. Selain itu, per 11 Januari 2017, biaya legalisasi naik menjadi HK$ 388 dari sebelumnya HK$ 310 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 49/2016.

Ia berjanji akan terus memperbaiki pelayanan dan mempermudah proses pengurusan kontrak mandiri. Jangka waktu memproses kontrak mandiri hingga disetujui makan waktu 3-4 hari kerja sejak dokumen dinyatakan lengkap.

Namun, sejumlah BMI mengeluhkan syarat mengisi kontrak kerja dengan ketikan. Konsul Muda Rizki mengatakan hingga kini kebijakan pimpinan memang seperti itu demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti corat-coret.

“Tapi memang saat ini kita sedang mengembangkan suatu sistem yang nanti bisa didownload di aplikasi kita. Jadi kita bisa ngetik disitu, tinggal diprint. Kalau untuk printer mungkin akan lebih mudah dicari ya. Tapi mohon tunggu dulu kita masih dalam proses untuk pengembangan sistemnya,” ujarnya saat pelatihan konselor JBMI, Minggu (15/1/2017).

Mengenai saksi untuk kontrak mandiri, disarankan memilih saksi yang benar-benar dikenal baik oleh kedua belah pihak, baik BMI maupun majikan.

BMI misalnya, bisa memilih salah satu temannya sesama BMI yang bekerja di Hong Kong dan memiliki HKID.

Syarat saksi ini diwajibkan dalam kontrak mandiri, di mana harus ada dua saksi yang menandatangani kontrak kerja tersebut.

“Kalau misalnya mau menjadikan salah satu teman kita sebagai saksi tapi dia sudah mau pulang ke Indonesia, ya percuma. Kalau bisa teman yang masih lama berada di Hong Kong,” jelasnya.

Soal waktu yang tepat mengajukan kontrak mandiri, Konsul Muda Rizki mengatakan agar 2-3 bulan sebelum kontrak kerja yang lama berakhir, segera mengajukan kontrak mandiri ke KJRI.

Ia menekankan, kontrak mandiri dilakukan secara sukarela dengan persetujuan majikan dan BMI, serta hanya berlaku bagi perpanjangan kontrak kerja dengan majikan yang sama yang sudah selesai kontrak dua tahun sebelumnya.

Untuk pengajuan kontrak mandiri, majikan atau BMI bisa datang sendiri atau datang dua-duanya ke KJRI dengan membawa semua dokumen yang diperlukan. Pemohon kontrak mandiri tidak perlu booking, tapi akan langsung dilayani.

Alur pelayanan kontrak mandiri adalah sebagai berikut: pemohon dengan berkas yang sudah dilengkapi bisa datang ke loket 3 di lantai dasar KJRI, di sisi Leighton Street.

Di loket tersebut, akan dilakukan pemeriksaan berkas. Bila semua berkas sudah lengkap dan sesuai dengan yang diminta KJRI, berkas akan diterima untuk disetujui dan dilegalisasi oleh Konsul Tenaga Kerja.

Jika berkas belum lengkap atau ada yang mencurigakan akan dilakukan pengecekan dahulu dan kemudian berkas dikembalikan untuk diperbaiki.
[youtube src="A3U91R7JATY"/]
sumber suarahk

Sejak resmi diberlakukan mulai 1 Januari 2017, hingga pertengahan bulan Januari 2017 ini KJRI setidaknya sudah menyetujui 12 permohonan kontrak mandiri.

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-d815yzHBHls/WT4_fgfVgdI/AAAAAAAALNY/b6WBmhQn55kw2Ax8-1iwXe1qF30zmlIsgCLcB/s1600/Untitled-1.png} Suara BMI adalah portal berita Buruh Migran Indonesia di Luar Negeri yang menyajikan berita seputar BMI dan kehidupannya dari berbagai sudut pandang, kredibel dan independen {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi/} {twitter#https://www.twitter.com/suarabmi/} {google#https://plus.google.com/+EniLestarisbmi} {pinterest#https://id.pinterest.com/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCWS5cxHkSUsQcT2zWwn4OEA} {instagram#https://www.instagram.com/suarabmi}
Powered by Blogger.