SUARABMI.COM - Cuti tahunan merupakan salah satu hal yang harus ada dalam bekerja di Taiwan, dimana setiap tahun TKI mendapat cuti tahunan sebanyak 7 hari. Berikut penjelasannya.

Bagi pekerja Informal (Perawat pasien, Domestik helper) 
  • Jika kontrak kerja dicantumkan adanya cuti tahunan yang banyaknya 7 hari dalam setahun maka kita berhak mendapatkan cuti tahunan sesuai kontrak kerja tersebut. Jika tidak tertulis dalam kontrak kerja maka kita tidak berhak mendapatkan cuti tahunan atau bisa menanyakannya langsung ke ejen atau majikan.[ads-post]
  • Cuti tahunan berlaku pada majikan yang sama setelah bekerja genap 1 tahun.
  • Jika dalam kontrak kerja tertulis kita mendapatkan cuti tahunan lalu kita mengajukan kepada majikan untuk mengambil cuti tahunan namun majikan tidak memberikan cuti tahunan, silakan laporkan ke pengaduan 1955 agar ditindaklanjuti.
  • Jika dalam kontrak kerja tertera ada cuti tahunan kemudian majikan meminta kita mempergunakan cuti tahunan tersebut namun kita tidak mengambilnya maka kita tidak berhak menuntut majikan dengan uang pengganti cuti tahunan.
  • Besar cuti tahunan untuk tenaga kerja rumah tangga (informal) sebesar NT$ 567/hari (untuk gaji standart 17.000) atau jika sudah bekerja selama 3 tahun akan mendapatkan 14 hari cuti tahunan atau sebesar NT$ 7,938
Bagi pekerja Formal (Pabrik, manufaktur, ABK dan panti jompo),
  • Kita berhak mendapatkan cuti tahunan selama 7 hari per tahunnya (biasanya tertulis dalam kontrak kerja) 
  • Jika kita tidak mengambil cuti tahunan dan menggantinya dengan kerja maka besarnya cuti tahunan per harinya sebesar NT$ 700/hari (untuk gaji standart 21,009) atau jika sudah bekerja selama 3 tahun adalah 14 hari sebesar NT$ 9,800.
  • Jika kita ingin menggunakan cuti tahunan tetapi tidak diperbolehkan silakan laporkan pengaduan ke 1955
Penulis Hani tw
loading...
loading...

Cuti tahunan merupakan salah satu hal yang harus ada dalam bekerja di Taiwan, dimana setiap tahun TKI mendapat cuti tahunan sebanyak 7 hari. Berikut penjelasannya.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close