loading...
loading...

SUARABMI.COMBerbeda dengan apa yang selama ini kita ucapkan untuk Tahun Baru Imlek : Gong Xi Fat Cai, di Hongkong mereka menyebutnya dengan Kung Hei Fat Coy, sementara tahun baru disebut dengan Sanin. 

Wajah kota Hongkong selama tahun baru Cina dipenuhi warna merah menyala di hampir setiap sudut dan pohon yang  buah jeruk yang dibentuk menjadi pohon sangat mudah kita temukan.

Jeruk dalam bahasa Mandarin ‘chi zhe’, ‘chi’ artinya rezeki, dan ‘zhe’ berarti buah. Jadi jeruk buah pembawa rezeki. 

Selain secara harafiah artinya buah pembawa rejeki, warna oranye cantik juga dianggap sebagai lambang emas yang berkonotasi pada uang. Konon disebut jeruk mandarin karena dulu, jeruk ini hanya disediakan untuk para pejabat di pengadilan Cina kuno.
[ads-post]
Bagi para Tenaga Kerja Indonesia, tahun baru berarti libur kerja selama empat hari, tapi kalau harus masuk kerja akan mendapat gaji tambahan.

Selama perayaan tahun baru, pertokoan akan tutup,  hanya toko-toko tertentu yang tetap buka seperti biasa. Sementara di setiap rumah makanan cake lobak dan cake durian (makanan khas imlek).

Hari pertama warga Hongkong wajib ke rumah orang tua, hari berikutnya bergantian ke rumah keluarga yang lain atau kerabat. Perayaan Imlek di Hongkong baru akan terhenti sampai hari ke-limabelas, biasanya saat itulah bagi-bagi angpao.

Penulis moriwana

Berbeda dengan apa yang selama ini kita ucapkan untuk Tahun Baru Imlek : Gong Xi Fat Cai, di Hongkong mereka menyebutnya dengan Kung Hei Fat Coy, sementara tahun baru disebut dengan Sanin.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close