SUARABMI.COM - Menurut informasi yang didapat dari Pengadilan Agama di Kabupaten Magetan Jawa Timur, pada bulan Januari awal tahun 2017 ini setidaknya ada 90 kasus perceraian yang telah di putus dan 341 kasus lainnya akan di prose Februari ini.

"Walaupun demikian, masih ada penurunan daripada bulan Januari tahun lalu, dimana pada bulan Januari tahun lalu ada 106 yang diputus dari 503 kasus" kata Panitera PA Magetan Subban Kahrowi, sebagaimana diterima oleh suarabmi.com

Dari banyaknya kasus tersebut di dominasi oleh cerai gugat yang mencapai 126 kasus dibandingkan cerai talak yang hanya 45 kasus. Jumlah itu menurutnya juga karena kasus tahun 2016 yang belum selesai. "Kecenderungannya dari tahun ke tahun kasus perceraian didominasi cerai gugat".  ungkapnya.
[ads-post]

Menurut Subhan, setiap bulannya ada 100 perkara yang masuk. Tahun 2016 Pengadilan Agama Magetan memutus 1271 kasus dari 1.325 aduan yang masuk, dimana 893 adalah kasus gugat cerai dan sisanya 432 cerai talak. Jumlah itu juga dikatakan menurun dibandingkan dari tahun 2015.

Pemicu banyaknya kasus perceraian ini adalah ketidakharmonisan antar pasangan disusul alasan tidak menafkahi dan menelantarkan keluarga dan faktor pihak ketiga atau tikungan tajam. "Tapi kalau dalam persidangan itu tidak terbukti, hakim bisa menolak gugatannya," kata Rowi.

Latar belakang pekerjaan juga bermacam-macam, ada yang TKI, Petani hingga PNS, semua lengkap, namun yang paling mendominasi adalah dari kalangan TKI. Alasan ekonomi, tanggung jawab, ketiadaan komunikasi hingga kehadiran orang ketiga menjadi pemicu paling dominan pada pasangan berlatar TKI yang mengurus perceraian.

"Dari berkas hanya sedikit yang ditolak atau berhasil dimediasi. Selebihnya selalu diputus berpisah," pungkasnya.


loading...
loading...

Menurut informasi yang didapat dari Pengadilan Agama di Kabupaten Magetan Jawa Timur, pada bulan Januari awal tahun 2017 ini setidaknya ada 90 kasus perceraian yang telah di putus dan 341 kasus lainnya akan di prose Februari ini.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close