SUARABMI.COM - Kata Pahlawan Devisa sangat tidak asing ditelinga kita, yaitu gelar untuk para TKI di luar negeri. Tahukah kamu, mengapa TKI dinamakan pahlawan devisa? Sebelum kamu menjawab simak ulasan singkat di bawah ini.

Kata devisa dapat didefinisikan atau diartikan sebagai alat pembayaran luar negeri, dimana beberapa jenis alat pembayaran luar negeri (devisa) itu seperti emas, surah berharga, mata uang asing dan sebagainya.

Nah devisa ini dapat digunakan sebagai pembiayaan perdagangan laur negeri baik barang maupun jasa, membayar pokok hutang, cicilan dan lainnya, memudahkan transaksi perdagangan internasional dan masih banyak lagi fungsinya yang intinya kalau didalam negeri seperti rupiah fungsinya.


Sebagaimana kita tahu, TKI yang bekerja di luar negeri pasti mempunyai gaji. Nah gaji mereka sesuai dengan mata uang negera yang mereka tempati.
[ads-post]
Dari sisa uang gaji TKI itu kan dikirimkan ke Indonesia dan ditabung di bank indonesia, namun karena mata uang mereka berbeda, agar dapat digunakan di Indonesia maka ditukarlah dengan rupiah.

Dengan semakin banyaknya hasil jerih payah TKI yang dikirimkan ke Indonesia, maka negara akan sangat terbantu karena pertumbuhan devisa negara.

Bila devisa negara meningkat (yaitu seperti banyaknya uang yang masuk ke Indonesia dari luar negeri) maka pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat.

Karena selama ini TKI lah salah satu penyumbang devisa terbesar di Indonesia, oleh karenanya ia dinamakan Pahlawan Devisa. 

Lalu, apakah yang lain juga dinamakan pahlawan devisa? Tentu saja bukan, karena yang lain bukan manusia, alias barang. 
loading...
loading...

Kata Pahlawan Devisa sangat tidak asing ditelinga kita, yaitu gelar untuk para TKI di luar negeri. Tahukah kamu, mengapa TKI dinamakan pahlawan devisa? Sebelum kamu menjawab simak ulasan singkat di bawah ini.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close