loading...
loading...

SUARABMI.COM - Otoritas Tenaga Kerja Indonesia berencana untuk mengangkat isu kenaikan upah bulanan untuk para TKW sektor Rumah Tangga di Taiwan untuk tahun depan agar upah mereka mendekati upah minimum (UMR) kerja di Taiwan.

Agusdin Subiantoro, wakil direktur Badan Indonesia untuk Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia, mengatakan kepada CNA dalam sebuah wawancara awal pekan ini bahwa mereka akan meminta kepada pemerintah Taiwan untuk menaikkan upah minimum pekerja rumah tangga sehingga tidak terpaut terlalu jauh antara upah pekerja pabrik dengan rumah tangga.

Saat ini, Pembantu Rumah Tangga Indonesia di Taiwan mendapatkan NT $ 17.000 (US $ 543) per bulan, sedangkan pekerja pabrik dibayar sekitar NT $ 21,009 sejalan dengan upah minimum bulanan Taiwan, yang meningkat tahun ini dari NT $ 20,008, kata Agusdin. 
[ads-post]
Dia mengatakan pemerintah Indonesia berusaha untuk mempersempit kesenjangan itu dan akan meminta Taiwan untuk menaikkan upah bulanan PRT Indonesia dan Care Giver menjadi PB $ 19.000 untuk tahun depan.

Sebagaimana kita tahu pemerintah Taiwan menaikkan standar gaji hampir setiap tahun sebagaimana dikatakan oleh Agusdin, namun untuk sektor informal di Taiwan tidak mendapatkan gaji sebagaimana formal.

Indonesia akan mengangkat isu ini tahun ini selama pertemuan dengan Taiwan dalam urusan tenaga kerja dan akan mengambil sikap tegas, katanya. 

Sementara itu, Soes Hindarno, direktur lembaga Indonesia, menyatakan harapan bahwa pekerja perikanan Indonesia di Taiwan juga akan dibayar lebih baik, lebih sesuai dengan upah minimum. 

Pada tahun 2016, Indonesia adalah sumber terbesar pekerja migran di Taiwan, yang jumlahnya mencapai 245.180 dari total 624.768, menurut Departemen Taiwan Tenaga Kerja. 

Data menunjukkan bahwa hampir 80 persen, atau sekitar 170.000, dari PRT/ Domestic Helper di Taiwan berasal dari Indonesia. 

Pada bulan Agustus 2015, Taiwan dan Indonesia sepakat untuk menaikkan gaji bulanan minimum pekerja rumah tangga Indonesia dari NT $ 15,840 NT $ 17,000.  sumber CNA

Otoritas Tenaga Kerja Indonesia berencana untuk mengangkat isu kenaikan upah bulanan untuk para TKW sektor Rumah Tangga di Taiwan untuk tahun depan agar upah mereka mendekati upah minimum (UMR) kerja di Taiwan.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close