DAPETIN UPDATE BERITA MELALUI LINE DENGAN FOLLOW TOMBOL DIBAWAH INI
Tambah Teman
loading...

SUARABMI.COM - Salah satu problem terbesar TKI adalah ketika menjadi purna, saat itu banyak yang kebingungan bagaimana menjalankan uang hasil jerih payahnya selama.

Tak pelak, adanya modal tanpa didukung pengetahuan yang memadai dalam dunia bisnis, banyak TKI yang tertipu bisnis abal-abal dan investasi bodong karena hanya tergiur dengan keuntungan yang besar.

Untuk mencegah hal itu, akan lebih baik jika purna TKI itu membuka usaha mandiri untuk mengembangkan dan memberdayakan uang yang selama ini ia cari.

Nah, bisnis cafe adalah salah satu cara bagi purna TKI untuk mulai bisnis mandiri yang aman dan tentu bermanfaat bagi yang lain, yaitu membuka lapangan pekerjaan.

Jika tertarik dengan bisnis cafe, apa saja yang harus diperhatikan sebelum terjun ke dunia tersebut. Nih, suarabmi.com memberikan tips nya buat kamu yang pengen buka cafe di Indonesia.

Pertama Merancang konsep
Ini sangat penting karena dari sini arah pasar kamu akan ditentukan. Rancanglah konsep sesuai dengan target kamu, siapa yang akan menjadi pelanggan kamu.

Jangan sampai salah konsep ya, karena kalau salah konsep nanti ujung-ujungnya pelanggan pada gak puas dan berpindah ke tempat lain.
[ads-post]
Mau bikin konsep mewah,sederhana, harmonis, atau lainnya yang penting tetap nyaman dikunjungi siapapun nantinya.

Tentukan Jenis hidangan
Ini tidak kalah penting, karena konsep tempat sudah bagus kalau gak ada hidangannya, lalu apa yang mau dijual?

Dalam menentukan jenis hidangan, kamu bisa riset dimana kamu akan mendirikan cafe itu. Contoh, bila masyarakat mempunyai tradisi dan budaya ngopi, maka alangkah baiknya jika cafe kamu juga menyediakannya.

Selain itu, kamu juga harus mempunyai hidangan andalan yang tidak didapat di cafe lain ya. Jangan melulu sama dengan yang lain, karena berbeda itu yang akan membuat cafe kamu dilirik banyak orang.

Pasokan bahan
Pasokan bahan tidak boleh diremehin gitu aja dengan alasan di pasar banyak dijual. Waspadalah... hal ini bisa membunuh kelangsungan cafe.

Sebelum menentukan menu yang ada di cafe, kamu harus survei dulu mengenai ketersediaan bahan bakunya. Sayangkan kalau cafe udah jalan, eh dikemudian hari ternyata bahannya tidak dijual lagi.

Pekerja
Hal yang tidak boleh kamu sepelekan lainnya adalah pekerja. Tidak mungkin kan kamu akan tandangi semuanya sendiri?

Dalam hal ini, kamu harus pandai mapping, berapa pekerja yang nantinya kamu butuhnya dan berapa gajinya. Semua itu harus kamu sesuaikan dengan luas cafe kamu dan jenis pekerjaan yang ada didalamnya.

Lokasi
Jangan asal pilih lokasi loh dalam bisnis, bisa-bisa modal kamu gak akan balik kalau salah pilih lokasi karena harga yang mahal namun nyatanya sepi pengunjung.

Pilihlah lokasi yang mudah terlihat oleh orang, nyaman suasananya dan buatlah seindah mungkin tapi jangan berlebihan sehingga calon pengunjung takut untuk memasukinya.

Dalam memilih lokasi kamu bisa survei dulu, misal ada satu lokasi, kamu lihat tuh strategis apa tidak? mudah terlihat apa tidak? mudah dicari apa tidak? Saingannya di tempat itu bagaimana? Keamanannya bagaimana?

Nah, setelah semua kamu tentukan, kamu bisa memulai buka bisnis face ini dan menjalaninya dengan enjoy. Keramahan dan pelayanan dalam bisnis seperti ini sangat di utamakan, jadi jangan judes ya, tertama yang bagian front officenya. Salam sukses BMI.

Salah satu problem terbesar TKI adalah ketika menjadi purna, saat itu banyak yang kebingungan bagaimana menjalankan uang hasil jerih payahnya selama.

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://plus.google.com/u/0/photos/115157821366086931748/albums/profile/6295477770107479810} SuaraBMI.com is Choice news updates about all things Indonesian's Migrant as well as trending topics in the Indonesian's Migrant social media sphere. {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi} {twitter#https://twitter.com/suarabmi} {google#https://plus.google.com/u/0/+suarabminews} {pinterest#https://www.pinteres.com} {youtube#https://www.youtube.com} {instagram#https://www.instagram.com}
Powered by Blogger.