-----iklan---------
Banner iklan disini
loading...
loading...

Ditolak MK, KTKLN Fisik Kembali Diwajibkan Bagi Semua TKI
SUARABMI.COM - Sempat menuai protes dua tahun lalu dengan alasan memberatkan TKI, kini pemerintah kembali memberlakukan KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri) fisik bagi TKI atau CTKI setelah sebelumnya dicanangkan e-KTKLN.

Pemerintah memastikan proses pembuatan KTKLN Fisik yang sempat di hapus oleh presiden 2 tahun silam hanya ditempat-tempat tertentu seperti di BNP3TKI (Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia), P4TKI (Pos Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia), LP3 (Lembaga Pengakjian, Pengembangan  Pendidikan) dan LTSP (Layanan Terpadu Satu Pintu)

"KTKLN wajib dimiliki semua TKI yang akan bekerja ke luar negeri, proses pembuatannya tidak ada lagi di bandara. Biaya KTKLN itu gratis, dan itu memang sudah sejak dulu," ujar Deputi Penempatan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia(BNP2TKI) Agusdin Subiantoro sebagaimana dilansir indopos.co.id

Menurut Agusdin, yang sangat dikuatirkan dalam mendapatkan KTKLN adalah adanya boncengan biaya lain. Dan itu, dulu terjadi di terminal kedatangan bandara. Dia menambahkan, dalam kartu identitas diri TKI tersebut terdapat paspor, asuransi hingga perjanjian kerja dan negara penempatan TKI.
[ads-post]
"Jadi dari dulu yang dibayarkan TKI untuk dapat KTKLN itu biaya asuransi TKI yang besarannya Rp.400 ribu. Biaya ini yang sering tidak dimengerti oleh masyarakat, sekali lagi proses KTKLN-nya gratis," jelasnya.

Lebih jauh Agusdin menerangkan, pemberlakuan kembali KTKLN ini dilakukan berdasarkan penolakan uji materi Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 Tentang Perlindungan dan Penempatan TKI oleh Mahkamah Konstitusi. Dengan hasil tersebut, menurutnya KTKLN boleh diterbitkan dan dianjurkan oleh UU.

"Penerbitan KTKLN ini akan diterapkan secara bertahap. Dan akan kita mulai pada awal April nanti," katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) UA Basalamah menegaskan, pemberlakuan kembali kartu KTKLN harus pula diikuti pengawasan yang ketat. Dan tidak ada lagi oknum-oknum yang mengeksplorasi TKI. 

"Sepanjang KTKLN gratis dan tidak dikomersilkan itu bagus, karena KTKLN menjadi kunci data TKI," tegas Basalamah.

Menurut dia, pemerintah perlu mempersiapkan infrastruktur yang sudah ada dan persiapan SDM yang kompeten. Hal itu untuk mewujudkan konsistensi pemerintah dalam memberikan pelayanan yang baik kepada TKI.

"Kalau soal tempat layanan, pemerintah pasti sudah melakukan evaluasi. Kalau di bandara tidak bisa dilakukan KTKLN, Itu karena pengalaman tahun sebelumnya, di bandara mungkin banyak mudharatnya," tandasnya. (nas)

KTKLN wajib dimiliki semua TKI yang akan bekerja ke luar negeri, proses pembuatannya tidak ada lagi di bandara. Biaya KTKLN itu gratis, dan itu memang sudah sejak dulu

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://plus.google.com/u/0/photos/115157821366086931748/albums/profile/6295477770107479810} SuaraBMI.com is Choice news updates about all things Indonesian's Migrant as well as trending topics in the Indonesian's Migrant social media sphere. {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi} {twitter#https://twitter.com/suarabmi} {google#https://plus.google.com/u/0/+suarabminews} {pinterest#https://www.pinteres.com} {youtube#https://www.youtube.com} {instagram#https://www.instagram.com}
Powered by Blogger.
close