loading...
DAPETIN UPDATE BERITA MELALUI LINE DENGAN FOLLOW TOMBOL DIBAWAH INI
Tambah Teman
loading...

SUARABMI.COM - Linda Purwaningsih, Sempat bekerja di Taiwan selama 3 periode dan pulang lalu berangkat lagi ke Turki tanpa ijin orang tuanya tahun 2015 lalu, kini TKW asal Desa Temu Rejo Bangrejo Banyuwangi ini dideportasi dari Turki.

Sempat mendapat pengawalan yang ketat dari aparat dari Surabaya ke Banyuwangi dengan kereta Probowangi, Linda mampir ke Polres Banyuwangi untuk pemeriksaan sebelum akhirnya ia diserahkan kepada keluarganya.

Dalam keterangannya, Norawi menampik bahwa Linda terlibat  dalam kelompok Islam radikal ISIS. Kepulangannya yang terasa istimewa dengan pengawalan ketat hanyalah sebuah pengawalan biasa terhadap warganya  yang dideportasi. "Dia di deportasi karena masalah administrasi imigrasi saja," kata Norawi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kasubag Humas Polres Banyuwangi, AKP Bakin. Dia menegasakan bahwa dibawanya Linda ke Polres Banyuwangi  terlebih dahulu bukanlah hal yang istimewa. Hal itu merupakan  bentuk tindakan wajar dari pihak kepolisian dalam mendampingi warganya untuk kembali ke  keluarganya di kampung halaman.

"Seperti yang dikatakan Pak Norahwi, ini tidak ada masalah. Polisi hanya mendampingi saja untuk kembali ke keluarganya,"  kata Bakin.

Sekadar diketahui, wanita kelahiran Banyuwangi 22 Maret  1986 di pulangkan ke Banyuwangi  oleh pihak Kementerian sosial (Kemensos) karena pihak Turki  mendeportasinya. Dia dideportasi  karena diduga terlibat jaringan ISIS.
[ads-post]

Jelang kedatangan Linda dari Polres siang kemarin, keluarga berkumpul dan bersiap menyambut Linda. Menurut penuturan Ayah Linda, Kateno, terkait semua rumor yang ditujukan kepada anaknya keluarga sepakat tidak akan mempermasalahkan. "Dia (Linda, Red) akan kita terima, tidak akan kita permasalahkan," jelasnya

Semula, keluarga tidak ada  masalah dengan kondisi Linda  di luar negeri. Baru setelah Linda memberi kabar kepada pihak keluarga bahwa dirinya memakai  cadar, polemik sedikit terjadi. Bersamaan dengan itu, Linda mulai melarang keluarga di rumah  menggelar kegiatan seperti tahlilan atau selamatan.

"Bapak jangan ikut tahlilan," ujar Kateno  menirukan ucapan Linda. Linda juga pernah berpamitan akan ke syiria melaui jalur laut kepada ayahnya. "Pak  aku mau ke Syiria melewati laut. Lautnya banyak ranjaunya, kalau  aku mati ikhlaskan," ungkap Kateno menirukan ucapan anaknya.

Penyerahan  Linda kepada keluarganya dilakukan secara formal. Penyerahan dituangkan dalam berita acara  yang disaksikan Kapolsek Bangorejo AKP Watiyo, jajaran Forpimka,  dan Pemdes Temurejo. Kapolsek Watiyo mengatakan, keberadaan Linda setelah dideportasi saat ini sudah diserahkan kepada pihak keluarga.

Saat dimintai informasi lebih jelas  motif perpindahan Linda dari Taiwan ke sejumlah tempat hingga berakhir  di Turki, Kapolsek belum bisa  memberikan keterangan secara jelas. "Kaitannya paham, sampai saat ini kita tidak bisa membuktikan" ujarnya. "Kepentingannya masih tanda kutip" lanjutnya.

Kapolsek juga menyebutkan  jika kesan keberadaan Linda ditutup dari jangkauan awak media, hal itu tidak lebih dari permintaan Linda secara pribadi ditambah lagi selama pemulangan Linda dikawal oleh tim dari  Kemensos RI.

"Kami juga menghormati SOP yang diterapkan Kemensos dalam mendampingi  warga yang dideportasi. Itu dia  yang minta," tegasnya.

Linda Purwaningsih, Sempat bekerja di Taiwan selama 3 periode dan pulang lalu berangkat lagi ke Turki tanpa ijin orang tuanya tahun 2015 lalu, kini TKW asal Desa Temu Rejo Bangrejo Banyuwangi ini dideportasi karena terindikasi bergabung dengan isis.

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-d815yzHBHls/WT4_fgfVgdI/AAAAAAAALNY/b6WBmhQn55kw2Ax8-1iwXe1qF30zmlIsgCLcB/s1600/Untitled-1.png} Suara BMI adalah portal berita Buruh Migran Indonesia di Luar Negeri yang menyajikan berita seputar BMI dan kehidupannya dari berbagai sudut pandang, kredibel dan independen {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi/} {twitter#https://www.twitter.com/suarabmi/} {google#https://plus.google.com/+EniLestarisbmi} {pinterest#https://id.pinterest.com/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCWS5cxHkSUsQcT2zWwn4OEA} {instagram#https://www.instagram.com/suarabmi}
Powered by Blogger.