loading...

Sebanyak 90 persen Warga Negara Indonesia (WNI) bermasalah di Luar Negeri merupakan TKI Over Stay habis ijin tinggal maupun bermasalah dengan majikan yang memerlukan kehadiran Negara dalam menyelesaikan permasalahan tersebut .
SUARABMI.COMSebanyak 90 persen Warga Negara Indonesia (WNI) bermasalah di Luar Negeri merupakan TKI Over Stay habis ijin tinggal maupun bermasalah dengan majikan yang memerlukan kehadiran Negara dalam menyelesaikan permasalahan tersebut .

Hal itu diungkapkan Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Kementerian Luar Negeri Haji Lalu Iqbal pada Dialog Interaktif RRI Mataram, Kamis (30/3/2017) siang terkait dengan pelaksnaan Rapat Koordinasi Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri bersama Pemangku Kebijakan Daerah di Mataram.

Menurut Lalu Muhammad Iqbal, secara keseluruhan sampai dengan akhir tahun 2016 sebanyak  17 ribu 928 WNI bermasalah di Luar Negeri baru sekitar 12 ribu 373 yang dapat diselesaikan atau 69 persen.
[ads-post]
Berdasarkan angka penyelesaian kasus WNI tersebut sekitar 9 ribu 450 orang merupakan TKI yang bekerja pada Perorangan sebagai pembantu rumah tangga .

Lalu Iqbal mengatakan khusus untuk NTB, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memberi apresiasi positif kepada pemerintah daerah yang telah melakukan perlindungan melalui regulasi berupa Perda.

“Jadi kita harus melindungi WNA kita bukan saja yang menjadi TKI namun juga Pelajar Mahasiswa serta berwisata yang perlu kehadiran negara untuk memproteksi,” terangnya.

"Kita perjuangkan dan sempurnakan. Kementerian Luar Negeri dengan 132 perwakilannya di Luar Negeri saat ini mengoptimalkan upaya perlindungan terhadap WNI termasuk TKI yang berada di Luar Negeri sehingga kedepan berbagai permasalahan yang di hadapi Warga Negera Indonesia dapat cepat diselesaikan." 

sumber RRI

Suara BMI

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-d815yzHBHls/WT4_fgfVgdI/AAAAAAAALNY/b6WBmhQn55kw2Ax8-1iwXe1qF30zmlIsgCLcB/s1600/Untitled-1.png} Suara BMI adalah portal berita Buruh Migran Indonesia di Luar Negeri yang menyajikan berita seputar BMI dan kehidupannya dari berbagai sudut pandang, kredibel dan independen {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi/} {twitter#https://www.twitter.com/suarabmi/} {google#https://plus.google.com/+EniLestarisbmi} {pinterest#https://id.pinterest.com/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCWS5cxHkSUsQcT2zWwn4OEA} {instagram#https://www.instagram.com/suarabmi}
Diberdayakan oleh Blogger.
close