loading...

SUARABMI.COM - Pemerintah Taiwan Akan Perketat Majikan yang Laporkan TKA Kaburan Tanpa Bukti. Parlemen Taiwan saat ini sedang mengusulkan perubahan UU Ketenagakerjaan yang mengatur tentang pelaporan TKA sebagai kaburan oleh majikan jika dalam 3 hari tak ada kabar.

Sebagaimana kita tahu menurut UU Pasal 56 tahun 2013 berbunyi jika seorang pekerja asing telah absen dari kerja tanpa alasan selama 3 hari berturut-turut dan belum menghubungi majikan mereka, majikan harus memberitahu pihak berwenang setempat, petugas imigrasi dan polisi secara tertulis dalam waktu 3 hari.
[ads-post]
Wu Yu-chin , seorang legislator dari partai republik meminta majikan harus menyodorkan bukti jika melaporkan pekerjanya melarikan diri. Hal ini dilandasi beberapa kasus dimana seorang TKA dilaporkan melarikan diri namun sebenarnya mereka hanya gagal melakukan kontak dengan majikan karena berbagai alasan seperti daniaya atau terluka di tempat kerja.

Berdasarkan amandemen yng diusulkan jika seorang majikan memberikan laporan palsu maka majikan harus didenda NT$ 60,000 hingga NT$ 300,000.

Amandemen inipun mendapat dukugan dari Asosiasi International Pekerja Taiwan karena selama ini majikan terlalu berkuasa atas pekerja yang bekerja pada mereka, sehingga banyak majikan berbuat semena-mena.

Selain itu pekerja juga diberikan waktu selama 6 bulan untuk memberikan bukti bahwa ia tidak melarikan diri dari pekerjaan. Dengan adanya bukti maka status ilegalnya bisa dibatalkan.

Suara BMI

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-d815yzHBHls/WT4_fgfVgdI/AAAAAAAALNY/b6WBmhQn55kw2Ax8-1iwXe1qF30zmlIsgCLcB/s1600/Untitled-1.png} Suara BMI adalah portal berita Buruh Migran Indonesia di Luar Negeri yang menyajikan berita seputar BMI dan kehidupannya dari berbagai sudut pandang, kredibel dan independen {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi/} {twitter#https://www.twitter.com/suarabmi/} {google#https://plus.google.com/+EniLestarisbmi} {pinterest#https://id.pinterest.com/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCWS5cxHkSUsQcT2zWwn4OEA} {instagram#https://www.instagram.com/suarabmi}
Diberdayakan oleh Blogger.
close