-----iklan---------
Banner iklan disini
loading...
loading...

SUARABMI.COM - Dua pemimpin dan 8 anggota sindikat rentenir yang sering menyasar TKW di Hong Kong dibekuk Polisi dimana mereka kerap kali meminjamkan uang dengan bungan 120% setahunnya dengan total uang yang dipinjamkan mencapai HK$ 10 juta.

Dari penyelidikan sejak bulan Maret hingga Oktober tahun lalu sudah ada sekitar 1200 TKA yang meminjam uang kepada sindikat ini.

Dari sekian ribu TKA yang meminjam kepada rentenir ini rata-rata jumlah pinjaman perorangnya antara HK$ 4000 hingga HK$ 15000. Jaminan hutang mereka adalah paspor dan kontrak kerja aktif yang dipegang TKA.

TKA yang meminjam di rentenir ini juga diharuskan membayar 10% dari jumlah pinjaman sebagai bunga bulannya, dengan tingkat bunga per tahunnya mencapai 120%, dimana angka ini jauh melebihi batas legal yang ditetapkan pemerintah yaitu maksimal 60% per tahunya.

Paspor dan kontrak kerja TKA akan dikembalikan jika TKA mampu mengembalikan atau melunasi hutangnya kepada rentenir tersebut.
[ads-post]

Sindikat rentenir ini bisa mengantongi keuntungan HK$ 12 juta melalui pinjaman kepada TKA tersebut.

Chan mengatakan dari penyelidikan diketahui bisnis rentenir ini digawangi oleh 2 orang Hong Kong berusia 49 dan 50 tahun dan memakai TKA seperti Philipina untuk mencari nasabahnya.

petugas menyta HK$ 106,000 dan 242 paspor bersama sejumlah kontrak kerja milik TKA serta dokumen bank dan catatan debit dan penerimaan bank.
Lihat Video
Operasi polisi ini untuk memberantas kejahatan terorganisir yang ada di Hong Kong, macau dan Guangdong menjelang kunjungan pemimpin mereka, Presiden Xi Jinping yang akan mengunjungi Hong Kong akhir juni nanti.

Dua pemimpin dan 8 anggota sindikat rentenir yang sering menyasar TKW di Hong Kong dibekuk Polisi dimana mereka kerap kali meminjamkan uang dengan bungan 120% setahunnya dengan total uang yang dipinjamkan mencapai HK$ 10 juta.

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://plus.google.com/u/0/photos/115157821366086931748/albums/profile/6295477770107479810} SuaraBMI.com is Choice news updates about all things Indonesian's Migrant as well as trending topics in the Indonesian's Migrant social media sphere. {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi} {twitter#https://twitter.com/suarabmi} {google#https://plus.google.com/u/0/+suarabminews} {pinterest#https://www.pinteres.com} {youtube#https://www.youtube.com} {instagram#https://www.instagram.com}
Powered by Blogger.
close