PERHATIAN : JIKA BERITA ATAU ARTIKEL KAMU INGIN DIMUAT DISUARABMI.COM, KAMU DAPAT MENGIRIMKANNNYA MELALUI FORM UNTUK KIRIM BERITA DAN ARTIKEL KAMU DISINI
Banner iklan disini
loading...
loading...

Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia terhitung sejak tanggal 29 Maret 2017 hingga 90 hari kedepan memberlakukan amnesti bagi warga asing overstayer.
SUARABMI.COM - Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia terhitung sejak tanggal 29 Maret 2017 hingga 90 hari kedepan memberlakukan amnesti bagi warga asing overstayer. 

Selain terbebas dari sanksi denda, warga asing overstayer yang ikut amnesti 2017 terbebas dari sanksi didaftarhitamkan (black list) pemerintah Saudi Arabia.

Ini bukan kali pertama Saudi memberikan amnesti. Namun amnesti yang diberlakukan tahun 2017 ini berbeda dengan tahun 2013 lalu. Pada 2013, Saudi memberikan dua kategori bagi overstayer. 

Dapat kembali ke negaranya masing–masing atau memperbaiki statusnya dari overstayer menjadi legal.

"Beda halnya pada amnesti 2017, warga asing overstayer diwajibkan kembali ke negaranya masing–masing dengan kompensasi terbebas dari sanksi dan denda, sekaligus bisa kembali ke Saudi Arabia secara legal tanpa harus menunggu 5 tahun," kata  Ketua DPLN PDI Perjuangan Saudi Arabia, Sharief Rachmat dalam keterangan persnya, Sabtu 1 April 2017.
[ads-post]
Walau disambut positif, WNI overstayer yang masih ingin kembali bekerja ke Saudi Arabia menjadi galau. 

Hal ini merupakan adanya kebijakan Pemerintah Indonesia tentang penghentian penempatan TKI sektor in-formal (rumah tangga) ke negara-negara Timur Tengah. 

"Sedangkan pasca amnesti 2017 selama 90 hari, Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia melalui aparat keamanan setempat akan melakukan razia besar – besaran bagi warga asing overstayer dengan memberlakukan sanksi denda dan kurungan," lanjutnya

KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah telah mengimbau para WNI overstayer untuk memanfaatkan amnesti tersebut. 

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga berpesan kepada WNI overstayer yang ingin kembali bekerja di Saudi Arabia melalui jalur resmi.

Imbauan ini tak menciptakan antusiasme yang besar. Bukitnya hari pertama di KJRI Jeddah berjumlah 168 pendaftar. Setengah dari jumlah warga negara India di Saudi yang ikut amnesti.

sumber: metronews

Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia terhitung sejak tanggal 29 Maret 2017 hingga 90 hari kedepan memberlakukan amnesti bagi warga asing overstayer.

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://plus.google.com/u/0/photos/115157821366086931748/albums/profile/6295477770107479810} SuaraBMI.com is Choice news updates about all things Indonesian's Migrant as well as trending topics in the Indonesian's Migrant social media sphere. {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi} {twitter#https://twitter.com/suarabmi} {google#https://plus.google.com/u/0/+suarabminews} {pinterest#https://www.pinteres.com} {youtube#https://www.youtube.com} {instagram#https://www.instagram.com}
Powered by Blogger.
close