PERHATIAN : JIKA BERITA ATAU ARTIKEL KAMU INGIN DIMUAT DISUARABMI.COM, KAMU DAPAT MENGIRIMKANNNYA MELALUI FORM UNTUK KIRIM BERITA DAN ARTIKEL KAMU DISINI
Banner iklan disini
loading...
loading...

Saat Pekerja Kaburan Tertangkap Oleh Polisi Taiwan
SUARABMI.COMMaraknya trend kaburan pada Buruh Migran Indonesia atau BMI menjadi fenomena tersendiri dalam penanganan permasalahan Tenaga Kerja di Taiwan ini. Hal ini bisa dilihat pada data CLA (Council of Labor Affair) alias Depnakernya Taiwan. 

Data tersebut menyatakan total tenaga kerja asing overstay atau “kaburan” sebanyak 29736 dengan rincian sebagai berikut: Vietnam sebanyak 13613 orang (56.8%) , Indonesia sebanyak 12038 orang [40.48%], Filipina sebanyak 2843 orang (9,5%), Thailand sebanyak 1241 orang (4.2%) dan Malaysia 1 orang (0.0%).

Peringkat Tenaga Kerja Indonesia yang menempati peringkat kedua ini menjadi permasalahan tersendiri, kebanyakan disebabkan [ads-post] oleh job atau jenis pekerjaan yang tidak sesuai, penganiayaan dan pelecehan seksual dari majikan hingga tertipu dengan janji-janji oknum majikan atau agency seperti yang pernah diberitakan di media lokal Taiwan dimana BMI disekap dan dipekerjakan di rumah pelacuran tanpa dibayar. 

Peringkat ini merupakan pekerjaan rumah atau PR berat bagi para aparat yang terkait mengingat resiko menjadi tenaga kerja kaburan yang sangat besar dan memprihatinkan. 

Selain melanggar hukum imigrasi di Taiwan, mereka juga tidak mendapatkan hak sebagai pekerja migran yang sah seperti hak mendapatkan asuransi, pendapatan yang tidak menentu dan terkadang mendapatkan pelecehan dari oknum yang tidak bertanggungjawab.

Menjadi BMI kaburan memang bukan kemauan masing-masing individu dan juga bukan sebuah pilihan yang mudah dengan resiko yang tidak bisa dibilang ringan. (ids)

Maraknya trend kaburan pada Buruh Migran Indonesia atau BMI menjadi fenomena tersendiri dalam penanganan permasalahan Tenaga Kerja di Taiwan ini. Hal ini bisa dilihat pada data CLA (Council of Labor Affair) alias Depnakernya Taiwan.

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://plus.google.com/u/0/photos/115157821366086931748/albums/profile/6295477770107479810} SuaraBMI.com is Choice news updates about all things Indonesian's Migrant as well as trending topics in the Indonesian's Migrant social media sphere. {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi} {twitter#https://twitter.com/suarabmi} {google#https://plus.google.com/u/0/+suarabminews} {pinterest#https://www.pinteres.com} {youtube#https://www.youtube.com} {instagram#https://www.instagram.com}
Powered by Blogger.
close