PERHATIAN : JIKA BERITA ATAU ARTIKEL KAMU INGIN DIMUAT DISUARABMI.COM, KAMU DAPAT MENGIRIMKANNNYA MELALUI FORM UNTUK KIRIM BERITA DAN ARTIKEL KAMU DISINI
Banner iklan disini
loading...
loading...

Ilustrasi
SUARABMI.COMSeorang BMI asal Ponorogo yang sedang cuti, SR, ditolak terbang oleh petugas Bandara Juanda Surabaya setelah KTKLN yang diperiksa telah kadaluarsa. Akibatnya, SR gagal terbang dan terpaksa menginap di Surabaya untuk mengurus keberangkatannya lagi.

SR sudah bekerja di Hong Kong sejak April 2015. SR finish kontrak dengan majikan lama bulan April 2017 dan pindah ke majikan baru. Visa kerja dia sudah turun pada 18 April 2017 lalu dia pulang cuti pada 21 April 2017 selama 3 minggu.

Pada 11 Mei 2017 ketika terbang ke Hong Kong, petugas imigrasi bandara Juanda menanyai SR tentang KTKLN tapi sudah kadaluwarsa. Petugas menyuruh SR memperpanjang dulu.

SR mendebat petugas dan menunjukkan surat edaran BNP2TKI dan video pidato Presiden Jokowi bahwa KTKLN sudah tidak wajib. Tapi petugas berdalih SR harus tetap membuat karena dia berganti Majikan dan dianggap BMI baru.

SR meminta bantuan anggota JBMI di Hong Kong yang langsung dilaporkan kepada BNP2TKI oleh koordinator JBMI. Setelah menunggu 2 hari, SR dijadwalkan terbang ke Hong Kong pada 13 Mei 2017.
[ads-post]
Setelah diperiksa, data SR sudah terdaftar di SISKOKTLN dan e-KTKLN berlaku sampai 2018.

Menjelang puasa dan lebaran dimana banyak BMI dari berbagai negara akan pulang cuti, JBMI mengkhawatirkan kejadian yang sama mungkin terulang pada korban-korban lain.

Meskipun BNP2TKI telah mengeluarkan surat edaran dan presiden Jokowi sudah menjamin BMI cuti tidak wajib membuat KTKLN, namun tidak menjamin BMI cuti bebas cekal.

Pemerintah harus menindak tegas dan memastikan semua pejabat lapangan paham keputusan pemerintah terkait KTKLN. Pemerintah harus menciptakan Sistem pengaduan cepat untuk korban pencekalan supaya mereka tidak perlu rugi waktu dan uang.

JBMI akan terus memonitor dan membuka pengaduan jika masih ada BMI yang dilarang terbang karena belum terdata di dalam SISKOTKLN atau KTKLN kadaluwarsa.

Berita ini diambil dari siaran pers JBMI 12 Mei 2017

Seorang BMI asal Ponorogo yang sedang cuti, SR, ditolak terbang oleh petugas Bandara Juanda Surabaya setelah KTKLN yang diperiksa telah kadaluarsa. Akibatnya, SR gagal terbang dan terpaksa menginap di Surabaya untuk mengurus keberangkatannya lagi.

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://plus.google.com/u/0/photos/115157821366086931748/albums/profile/6295477770107479810} SuaraBMI.com is Choice news updates about all things Indonesian's Migrant as well as trending topics in the Indonesian's Migrant social media sphere. {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi} {twitter#https://twitter.com/suarabmi} {google#https://plus.google.com/u/0/+suarabminews} {pinterest#https://www.pinteres.com} {youtube#https://www.youtube.com} {instagram#https://www.instagram.com}
Powered by Blogger.
close