loading...

TKI Dimana Harus Membayar Zakat? Di Indonesia Atau Diluar Negeri? Ini Penjelasannya
SUARABMI.COM - Saya adalah seorang BMI, dimanakah saya seharusnya membayar zakat? apakah diwakilkan keluarga di Indonesia atau membayar Zakat disini? ***dari Siva_BMI Hong Kong.

Untuk menjawab pertanyaan diatas, marilah kita sejenak menyimak perkataan Ibnu Qosim (Murid Imam Malik) yang mendapat pertanyaan serupa di atas.

Syahnun bertanya kepada Ibnul Qasim (murid Imam Malik), "Apa pendapat Imam Malik tentang orang Afrika yang tinggal di Mesir pada saat hari raya; di manakah zakat fitrinya ditunaikan?" Ibnul Qasim menjawab, "Imam Malik mengatakan, ‘Zakat fitri ditunaikan di tempat dia berada. Jika keluarganya di Afrika membayarkan zakat fitri untuknya, hukumnya boleh dan sah." (Al-Mudawwanah, 2:367)
[ads-post]
Nah, dari atsar diatas dapat disimpulkan bahwa zakat fitrah dapat dibayarkan di negara tempat kita tinggal dan dapat juga di bayarkan oleh keluarga kita di Indonesia. Mana yang lebih afdhal?

Syekh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah ditanya tentang tempat yang disyariatkna untuk penunaikan zakat fitri. 

Beliau menjawab, "Selayaknya, kita memahami kaidah bahwasanya zakat fitri itu mengikuti badan. Maksudnya, badan orang yang dizakati. Adapun zakat harta itu mengikuti (lokasi) harta tersebut berada. Berdasarkan hal ini, zakat fitri oleh orang yang berada di Mekkah itu ditunaikan di Mekkah, sedangkan untuk keluarganya yang tinggal di luar Mekkah maka zakat fitrinya ditunaikan di tempat mereka masing-masing." (Majmu’ Fatawa Ibni Utsaimin)

Nah, dari atsar ini dapat kita pahami, bahwasannya Zakat kita sebagai BMI sunnah juga dibayarkan dinegara tempat kita berada seperti Hong Kong, Taiwan, Singapura atau lainnya.

Saya adalah seorang BMI, dimanakah saya seharusnya membayar zakat? apakah diwakilkan keluarga di Indonesia atau membayar Zakat disini? ***dari Siva_BMI Hong Kong.

Suara BMI

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-d815yzHBHls/WT4_fgfVgdI/AAAAAAAALNY/b6WBmhQn55kw2Ax8-1iwXe1qF30zmlIsgCLcB/s1600/Untitled-1.png} Suara BMI adalah portal berita Buruh Migran Indonesia di Luar Negeri yang menyajikan berita seputar BMI dan kehidupannya dari berbagai sudut pandang, kredibel dan independen {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi/} {twitter#https://www.twitter.com/suarabmi/} {google#https://plus.google.com/+EniLestarisbmi} {pinterest#https://id.pinterest.com/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCWS5cxHkSUsQcT2zWwn4OEA} {instagram#https://www.instagram.com/suarabmi}
Diberdayakan oleh Blogger.
close