DAPETIN UPDATE BERITA MELALUI LINE DENGAN FOLLOW TOMBOL DIBAWAH INI
Tambah Teman
loading...

SUARABMI.COM - Suci Sri Kusmiyati (26), tenaga kerja wanita (TKW) di Malaysia asal Desa Kedawung Wetan, Grati, Kabupaten Pasuruan, disiram air keras di tempatnya bekerja di Selangor, Malaysia. Disnakertrans Kabupaten Pasuruan saat ini tengah mengupayakan pemulangan Suci sesuai keinginan keluarga.

"Begitu kami mendapat informasi, kami langsung bergerak. Saat ini kami tengah mengupayakan pemulangan Suci, seperti yang diinginkan keluarga," kata Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Pasuruan Agus Hernawan di kantornya, Jalan Ir Juanda, Pasuruan, Senin (24/7/2017).


Dalam proses pemulangan tersebut, Disnakertrans Kabupaten Pasuruan berkoordinasi dengan Disnaker Jatim, Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI Kantor Malang. Pihaknya juga sudah meminta dokumen kependudukan Suci ke perangkat desa untuk proses pemulangan.

"Dari informasi yang kami kumpulkan, ibu Suci ini mengalami penganiayaan berupa disiram air keras oleh seorang pria yang tak diketahui identitasnya di tempat kerjanya, yakni sebuah pabrik tekstil di Selangor, Malaysia. Saat ini dia masih dalam perawatan," jelas Agus.
[ads-post]
Agus belum mendapat informasi siapa pelaku penyiraman Suci, kondisi luka yang dialami Suci serta bahan kimia yang disiramkan kepadanya.

"Intinya kami akan memfasilitasi pemulangan. Nanti petugas yang di sana akan berkoordinasi dengan pihak rumah sakit apakah yang bersangkutan diizinkan langsung dibawa pulang atau tidak," terang Agus.

Agus membeberkan bahwa Suci meninggalkan rumahnya pamit bekerja ke luar kota pada April 2016. Namun pada September, ia mengirimkan kabar telah bekerja di Malaysia. 

Menurut Agus, Suci berangkat ke Malaysia tanpa melalui prosedur yang ditentukan atau ilegal. Ia masuk ke Malaysia melalui seorang penyalur tenaga kerja di Aceh.

"Meski ilegal, kami tetap berkewajiban memberikan perlindungan. Dan karena pihak keluarga ingin segera dipulangkan, kami akan memulangkannya meski prosesnya akan lebih rumit karena TKW ilegal," tandas Agus.

Peristiwa Suci disiram air keras terjadi pada Minggu (16/7/2017), namun keluarga baru mendapat kabar pada Jumat (21/7/2017). Ibu Suci, Nasikha (40), mengatakan Suci menderita luka di wajah, leher dan tangan. Saat ini ia dirawat di Hospital Tengku Ampuan Rahimah Klang Selangor.

"Suci telepon, dia ingin pulang tapi malu wajahnya jelek tak seperti dulu. Saya hanya bisa menguatkan hatinya melalui doa. Saya sampaikan tak masalah dengan wajah bagaimanapun rupanya, yang terpenting ialah kesehatan dan bisa kembali dengan keluarga," ungkap Nasikha di rumahnya, Sabtu (22/7/2017). detiknews

Suci Sri Kusmiyati (26), tenaga kerja wanita (TKW) di Malaysia asal Desa Kedawung Wetan, Grati, Kabupaten Pasuruan, disiram air keras di tempatnya bekerja di Selangor, Malaysia. Disnakertrans Kabupaten Pasuruan saat ini tengah mengupayakan pemulangan Suci sesuai keinginan keluarga.

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-d815yzHBHls/WT4_fgfVgdI/AAAAAAAALNY/b6WBmhQn55kw2Ax8-1iwXe1qF30zmlIsgCLcB/s1600/Untitled-1.png} Suara BMI adalah portal berita Buruh Migran Indonesia di Luar Negeri yang menyajikan berita seputar BMI dan kehidupannya dari berbagai sudut pandang, kredibel dan independen {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi/} {twitter#https://www.twitter.com/suarabmi/} {google#https://plus.google.com/+EniLestarisbmi} {pinterest#https://id.pinterest.com/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCWS5cxHkSUsQcT2zWwn4OEA} {instagram#https://www.instagram.com/suarabmi}
Powered by Blogger.