DAPETIN UPDATE BERITA MELALUI LINE DENGAN FOLLOW TOMBOL DIBAWAH INI
Tambah Teman
loading...

SUARABMI.COM Sheilla Putri, (gambar 1) adalah seseorang pemegang resident ID Hong Kong dilaporkan oleh seseorang kalau dia diduga melakukan perbuatan yang tidak terpuji, yaitu memalak BMI HK yang mencari majikan baru.

Modus operandi Sheilla Putri sangat sederhana, dia mencari BMI yang mencari majikan baru dan disalurkan kepada agensi resmi (terdaftar di Hong Kong) dan Sheilla berperan seolah-olah memiliki agensi tersebut. 

Selanjutnya Sheilla membuat surat perjanjian hutang dengan 'korban' (gambar 4) . Jumlah yang harus dibayar korban mencapai belasan ribu bahkan ada yang ditarget HK$3700 kali 15 bulan!

Hutang yang disebutkan sebagai "potong-gaji' biaya proses tersebut ditagih oleh pelaku sendoiri setiap bulan.

Joy, seorang BMI dan aktivis sebuah organisasi mengatakan, dia mendampingi beberapa orang korban Sheilla dan sekaligus mencarikan solusui agar dana overcharge itu dapat dipertanggung-jawabkan oleh pelaku.
[ads-post]
Tidak luput, menurut Joy, dia sudah melakukan pengaduan ke KJRI di Causeway Bay, namun belum ada tindakan yang memuaskan karena pelaku masih berkeliaran mendatangi rumah majikan korban untuk menagih uang 'potong gaji' yang tidak wajar tersebut.

Informasi yang dihimpun dari Joy, Sheilla mendaftarkan korban ke agensi yang berbeda beda meskipun dia memiliki kartu nama dan beralamat di bilangan Mongkok (gambar 3).

Beberapa agensi tempat Sheilla menyalurkan korban yang dihubungi Joy mengatakan bahwa agensi itu tidak mengenakan 'tarif' over charge yang fantastis dan Sheilla sudah lama tidak berhubungan dengan agensi tersebut.

"Setiap orang dimasukkan ke agensi yang berbeda, namun dikenakan tarif biaya atau potong gaji yang sangat tinggi". kata Joy melalui saluran telepon sebagaimana dilansir Kindo.

"Untuk menjerat dan mengikat korban, Sheilla memaksa korban membuat surat pernyataan hutang biaya dan diserahkan kepada setiap bulan, ada yang mencapai HK$3700 / bulan (gambar 4)" Lanjut Joy.

Joy menyarankan para sahabat BMI yang hendak mencari majikan baru agar berhati-hati dalam memilih agensi; jangan sampai terjebak dan terperngkap "calo".

"Kepada korban yang telat bayar atau nunggak, Sheilla tidak segan mengancam akan menagih kepada keluarganya di Indonesia dan mengancam keselamatan keluarga korban di Indonesia". Sambung Joy.

kindoHK

Sheilla Putri, (gambar 1) adalah seseorang pemegang resident ID Hong Kong dilaporkan oleh seseorang kalau dia diduga melakukan perbuatan yang tidak terpuji, yaitu memalak BMI HK yang mencari majikan baru.

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-d815yzHBHls/WT4_fgfVgdI/AAAAAAAALNY/b6WBmhQn55kw2Ax8-1iwXe1qF30zmlIsgCLcB/s1600/Untitled-1.png} Suara BMI adalah portal berita Buruh Migran Indonesia di Luar Negeri yang menyajikan berita seputar BMI dan kehidupannya dari berbagai sudut pandang, kredibel dan independen {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi/} {twitter#https://www.twitter.com/suarabmi/} {google#https://plus.google.com/+EniLestarisbmi} {pinterest#https://id.pinterest.com/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCWS5cxHkSUsQcT2zWwn4OEA} {instagram#https://www.instagram.com/suarabmi}
Powered by Blogger.