loading...
DAPETIN UPDATE BERITA MELALUI LINE DENGAN FOLLOW TOMBOL DIBAWAH INI
Tambah Teman
loading...

SUARABMI.COM - Pak bisa minta penjelasan nggak soal mekanisme pengembalian uang pajak ke kita, masalahnya uang pengemblian pajak kita sudah keluar tapi ditunggu seminggu lebih belum nongol di rekening tabungan kita, kita konfirmasi ke agent katanya pihak pabrik yang belum urus, ditanya pihak pabrik malah bilang agen yang belum kasih "resi" pengembalian uang pajak yang belum diksih dari agent (intinya saling lempar), mohon penjelasannya.

Jawab:
Untuk pengembalian pajak terlebih dahulu anda harus mengetahui apakah pajak yang dibayar pertahun ada kelebihan, pas atau kekurangan. 

Cara mengetahuinya anda bisa menanyakan ke kantor pajak terdekat di kota anda (nomer telpon terlampir dibawah tulisan ini). 

Selain itu anda bisa mengetahui dengan menghitung dari lama anda tinggal di Taiwan (kalau tinggal lebih dari 183 hari dalam setahun anda bebas pajak dan kalau kurang anda bisa terkena pajak) dan menghitung besaran pajak dari pendapatan yang anda bawa pulang setiap bulannya [hitungan bisa dilihat dibawah). 
[ads-post]
Setelah cara diatas, apabila ada kelebihan pajak maka anda bisa menanyakan ke kantor pajak. Berapa besarnya dan dikirim ke rekening mana bisa anda tanyakan.

Biasanya untuk non formal dikirim ke agency dan untuk formal ke pabrik yang bersangkutan. Berikut lebih lengkap cara menghitung pajak dan alamat kontak kantor pajak dibeberapa kota:

Cara menghitung pajak:
Pajak dihitung tiap tahun. Apabila ada kelebihan pajak biasaya diberitahukan pada bulan juli sampai september. Biasanya ke pabrik atau agency. Besaran pajak bervariasi tergantung:
  1. Tanggal kedatangan dan kepulangan dari tenaga kerja tersebut. apabila lebih dari 183 hari tinggal per tahun maka tidak kena pajak (dapat fasilitas bebas pajak). kalau kurang dari setahun kena pajak.
  2. Pekerja informal kena pajak besarannya 6%, sedangkan formal ada dua jenias pajak 6% atau 18%. kena pajak 18% apabila pendapatan perbulan lebih dari 1.5 x gaji pokok (21.009) atau sama dengan 31.513.5NT.

Contoh misal pekerja informal datang pada bulan januari 2011 dan pulang bulan januari 2014 maka besaran pajak yg harus dibayar:
  • Tahun 2011, 2012, 2013 tidak kena pajak krn tinggal lebih dr 183 hari selama setahun.
  • Tahun 2014 kena pajak besarnya 6%x 1 x 17000 = 1.020NT

Jadi besaran pajak yang harus dibayar dari tahun 2011 sampai 2014 adalah 950.4NT.

Biasanya agency atau majikan mengambil lebih besaran uangnya untuk jaga-jaga, maka rekan-rekan bisa tanyakan kelebihan pajak tiap tahunnya ke nomor telfon kantor pajak pemerintah taiwan
  1. kantor pusat taipei 02-23113711
  2. kantor daerah taoyuan 03-3396511
  3. kantor daerah tengah 04-23051111
  4. kantor daerah kaohsiung 07-7256600
sumber: inspirasiBMI

Pak bisa minta penjelasan nggak soal mekanisme pengembalian uang pajak ke kita, masalahnya uang pengemblian pajak kita sudah keluar tapi ditunggu seminggu lebih belum nongol di rekening tabungan kita, kita konfirmasi ke agent katanya pihak pabrik yang belum urus, ditanya pihak pabrik malah bilang agen yang belum kasih "resi" pengembalian uang pajak yang belum diksih dari agent (intinya saling lempar), mohon penjelasannya.

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-d815yzHBHls/WT4_fgfVgdI/AAAAAAAALNY/b6WBmhQn55kw2Ax8-1iwXe1qF30zmlIsgCLcB/s1600/Untitled-1.png} Suara BMI adalah portal berita Buruh Migran Indonesia di Luar Negeri yang menyajikan berita seputar BMI dan kehidupannya dari berbagai sudut pandang, kredibel dan independen {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi/} {twitter#https://www.twitter.com/suarabmi/} {google#https://plus.google.com/+EniLestarisbmi} {pinterest#https://id.pinterest.com/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCWS5cxHkSUsQcT2zWwn4OEA} {instagram#https://www.instagram.com/suarabmi}
Powered by Blogger.