loading...
DAPETIN UPDATE BERITA MELALUI LINE DENGAN FOLLOW TOMBOL DIBAWAH INI
Tambah Teman
loading...

SUARABMI.COM - Bekerja di luar negeri terutama bagi sobat wanita yang telah berkeluarga merupakan pilihan yang tidak mudah. Bekerja di sektor rumah tangga di negara lain sementara di kampung halaman suami dan anak ditinggalkan tentu menimbulkan kerinduan yang sulit dibendung. Namun jika pilihan telah diambil maka sudah sepatutnya kita mempersiapkan diri dan menjalaninya dengan penuh kerelaan. Sementara itu, rumah tangga yang dibangun dengan istri-suami berjauhan atau LDR tentu membutuhkan ketrampilan khusus. Apa saja ketrampilan tersebut?

Nah, pada tips kali ini, kita akan bahas mengenai bagaiamana membina hubungan jarak jauh istri-suami, yaitu saat istri tinggal di luar negeri –seperti di Taiwan Hongkong– dan suami bekerja di Indonesia. Seperti apa persiapan dan ketrampilan yang perlu dikuasai? Bagaimana agar bisa menjalani kehidupan keluarga dengan tetap harmonis dan penuh saling percaya? Untuk lebih lengkapnya, kita simak sama-sama yuk di tips kali ini.

Membuat Komitmen dan Tujuan Bersama
Pernikahan pada dasarnya adalah ikatan yang menyatukan dua jiwa suami istri. Tetapi jika keduanya harus menjalani LDR alias long distance relathionship, maka sudah seharusnya setiap pasangan mempersiapkan diri dengan membuat komitmen bersama. Selain itu, harus juga ditetapkan ke mana arah hubungan mereka ke depannya.

Untuk membuat komitmen bersama ini setiap pasangan harus sudah memahami kondisi satu sama lain. Sehingga saat diambil pilihan untuk LDR, suami akan tetap mendukung dan menghormati, tidak menimbulkan prasangka atau kekecewaan. Komitmen yang harus disepakati adalah seperti untuk tujuan apa istri rela pergi jauh? Sampai kapan rencana akan kerja di Taiwan? Kapan rencana tinggal bersama?

Pertanyaan-pertanyaan itu harus dipertimbangkan bersama, karena sebuah keluarga walau bagaimanapun juga akan lebih baik jika keduanya hidup satu rumah. Dan kondisi LDR yang dijalani saat ini adalah satu tahapan sementara untuk menuju ke sana.

Komunikasi Tanpa Putus
Setelah memahami kondisi satu sama lain dan membuat komitmen untuk LDR, tips selanjutnya adalah meningkatkan komunikasi tanpa putus. Cara ini adalah satu-satunya yang paling ampuh demi menjaga hubungan jarak jauh agar tetap langgeng.

Bagi sobat yang sedang LDR jangan ragu menghubungi pasangan saat rasa rindu melanda. Obat kangen paling mujarab untuk pasangan jarak jauh adalah komunikasi. Ada banyak fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi seperti video call skype, whatsapp dan facebook. Dengan fasilitas ini, rindu kita akan mereda karena tidak hanya dapat mendengar suara pasangan, tetapi juga bisa melihat wajahnya secara langsung.
[ads-post]
Selain itu, untuk bisa memaksimalkan komunikasi sobat harus memperhatikan beberapa poin. Pertama, sebisa mungkin, manfaatkan waktu luang untuk mengirim pesan lewat sosial media seperti whatsapp dan facebook. Sobat bisa berbagi pesan dari yang romantis, hingga lucu. Kamu juga bisa mengirim foto selfie saat kamu bekerja atau di rumah.

Kedua, ketika video call atau berkirim pesan, jangan melulu bicara soal aktivitas yang sobat lakukan, tetapi pastikan juga ungkapkan perasaan tentang apa yang terjadi. Tanyakan kepada suami tentang hal yang berkaitan dengan perasaannya saat itu. Sobat juga bisa ngobrol tentang kenangan dan pengalaman masa kanak-kanak dan tahun-tahun sebelum saling bertemu.

Tingkatkan Rasa Saling Percaya
Yang terjadi saat suami-istri saling bertemu adalah keduanya akan semakin mengenal. Dengan kuantitas bertemu itu akan menciptakan relasi (hubungan) yang berharga, karena bisa membahas masalah sehari-hari dan memecahkan masalah yang terjadi secara bersama. Nah, sebaiknya saat LDR hal ini tetap dipertahankan. Dengan komunikasi yang intens dan baik, salinglah berbagi masalah sehari-hari dan coba pecahkan secara bersama. Ini yang akan membuat suami merasa tetap dihargai walaupun sobat berada jauh. Rasa saling percaya pun akhirnya akan muncul.

Rasa percaya inilah yang menjadi pondasi dalam sebuah hubungan. Bagi sobat yang sedang LDR, mempercayai pasangan yang berada jauh memang tidak mudah. Kita harus belajar untuk meningkatkan level kepercayaan kita. Singkirkan semua perasaan curiga terhadap pasangan. Kecurigaan tidak beralasan dalam hubungan pernikahan akan menjadi duri. Jadi berpikirlah secara bijak agar kehidupan pernikahan kita akan tetap adem ayem.

Seperti dikatakan oleh banyak psikolog bahwa masalah rumah tangga umumnya terjadi akibat lunturnya kepercayaan. Padahal, dalam membina hubungan suami isteri, tingkat kepercayaan ini sangat penting untuk menjaga kelanggengan hubungan. Meski demikian, LDR tidak akan menjadi kendala selama kedua pasangan masih saling percaya.

Selain itu, jangan korbankan kebahagiaan hanya karena masalah-masalah kecil, karena pada dasarnya setiap masalah ada jalan keluarnya. Konflik dalam rumah tangga merupakan bagian yang tidak dapat dielakkan, tinggal bagaimana menyikapi konflik tersebut dengan baik. Bagi sobat yang sedang LDR, tidak perlu terlalu khawatir karena hubungan jarak jauh. Keutuhan rumah tangga bisa dipupuk dan dipertahankan jika masing-masing pasangan berkomitmen dengan kepercayaan dan kesetiaan.

Mengirim Hadiah dan Mendoakan
Saat sobat LDR, jangan sobat melupakan tanggal-tanggal penting seperti hari jadi pernikahan atau ulang tahun kelahiran, dan sebagainya. Saling berkirim hadiah pasti akan menghangatkan kembali hubungan jarak jauh kita.

Jika pasangan orang yang kurang perhatian, jangan lantas menunggunya berubah. Mulailah dari diri sendiri. Tunjukkan perhatian pada pasangan kamu, salah satunya dengan mengingat tanggal-tanggal istimewa dan mengirimkan kado. Jangan lupa bubuhkan kata-kata mesra untuk pasangan di dalam kado yang sobat kirim.

Selain itu, sertakan juga doa yang terbaik untuk suami kita dalam setiap waktu ibadah. Doa yang terbaik salah satunya adalah mendoakan orang lain sementara orang tersebut tidak tahu. Berdoa penting karena ini memberikan kita semangat spiritual bahwa walau bagaimanapun juga suatu saat kita akan bertemu kembali dan bersama-sama berada di surga. Semoga beberapa tips ini bisa membuat pernikahan Sobat IS makin romantis.

Bekerja di luar negeri terutama bagi sobat wanita yang telah berkeluarga merupakan pilihan yang tidak mudah. Bekerja di sektor rumah tangga di negara lain sementara di kampung halaman suami dan anak ditinggalkan tentu menimbulkan kerinduan yang sulit dibendung. Namun jika pilihan telah diambil maka sudah sepatutnya kita mempersiapkan diri dan menjalaninya dengan penuh kerelaan. Sementara itu, rumah tangga yang dibangun dengan istri-suami berjauhan atau LDR tentu membutuhkan ketrampilan khusus. Apa saja ketrampilan tersebut?

Post a Comment

Suara BMI

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-d815yzHBHls/WT4_fgfVgdI/AAAAAAAALNY/b6WBmhQn55kw2Ax8-1iwXe1qF30zmlIsgCLcB/s1600/Untitled-1.png} Suara BMI adalah portal berita Buruh Migran Indonesia di Luar Negeri yang menyajikan berita seputar BMI dan kehidupannya dari berbagai sudut pandang, kredibel dan independen {facebook#https://www.facebook.com/suarabmi/} {twitter#https://www.twitter.com/suarabmi/} {google#https://plus.google.com/+EniLestarisbmi} {pinterest#https://id.pinterest.com/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCWS5cxHkSUsQcT2zWwn4OEA} {instagram#https://www.instagram.com/suarabmi}
Powered by Blogger.