SUARABMI.COM - Kenaikan gaji dikalangan TKI tentunya menjadi harapan tersendiri bagi TKI yang kini harus berjuang banting tulang dinegeri orang.

Sebagaimana di Hongkong yang naik HK$ 100, di Taiwan khususnya sektor formal juga akan naik mulai 1 Desember 2018 nanti dengan kenaikan hampir NTD 1000.

Namun sudah barang tentu kenaikan gaji itu disertai kenaikan iuran bulanan lainnya seperti Askes dan Astek.

Nah berikut adalah rincian kenaikan askes dan astek di Taiwan mulai Desember 2018 nanti. Untuk Askes nilai tanggungan TKI naik menjadi NT$ 310 dari sebelumnya NT$ 296 sedangkan tanggungan majikan naik menjadi NT$ 997 dari sebelumnya NT$ 952.
[ads-post]
Sementara untuk Astek atau asuransi tenaga kerja akan naik untuk TKI dari sebelumnya NT$ 399 menjadi NT$ 418 sementara nilai yang ditanggung majikan akan naik menjadi NT$ 1463 dari sebelumnya 1397.

Kenaikan askes tentu akan dirasakan semua TKI baik formal yang mengalami kenaikan gaji maupun informal yang tidak mengalami kenaikan gaji karena prinsipnya askes dihitung dari nilai upah minimum.

Sedangkan untuk astek hanya untuk formal saja karena sektor informal tidak ada astek atau asuransi tenaga kerja.

Kenaikan gaji dikalangan TKI tentunya menjadi harapan tersendiri bagi TKI yang kini harus berjuang banting tulang dinegeri orang.

loading...
Powered by Blogger.