SUARABMI.COM - Taiwan, lebih dari 100.000 kaleng susu formula bayi kenamaan asal Perancis telah dijual di Taiwan oleh tiga importir Taiwan, namun sebagian besar dari import tersebut sudah dikonsumsi masyarakat.

FDA mengatakan bahwa mereka meminta tiga importir - Orient EuroPharma Co., Standard Foods Corp. dan Multipower Enterprise Corp. - untuk menarik produk mereka dari toko pada hari Senin  kemarin meskipun ketiganya telah memastikan bahwa produk mereka aman. 

Kekhawatiran akan potensi masalah dengan formula bayi yang dibuat oleh produk susu merek asal Perancis Lactalis dan dijual di Taiwan muncul setelah perusahaan Prancis tersebut mengeluarkan penarikan kembali produknya secara internasional pada hari Minggu karena kekhawatiran akan kontaminasi salmonella.

Senin malam, Orient EuroPharma dan Multipower Enterprise mengatakan bahwa mereka telah mendistribusikan sebanyak 54.000 kaleng susu formula yang dipermasalahkan, sementara Standard Foods mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya telah mengirimkan 48.000 kaleng produk, dan akan mendistribusikan di atas 100.000, kata FDA. 

Ketiga importir tersebut mengatakan Senin bahwa produk mereka telah melewati inspeksi dan aman, dan mereka mendesak konsumen untuk tidak khawatir, namun mereka juga berjanji untuk memberikan pengembalian dana tanpa syarat untuk pengembalian produk berpotensi bermasalah. 

Menurut FDA, produk dengan potensi masalah meliputi formula protein Hidrolisis Orient EuroPharma dengan nama Babycare HA, yang diberi kode 17C0012657.

Keempat item yang berpotensi bermasalah dari Multipower Enterprise diberi nama "neoAngelac Plus" dan diberi kode 17C0012913, 17C0013255, 17C0012517, 17C0012911 dan 17C0012928. 

Standard Foods memiliki tiga barang yang berpotensi tercemar yang dijual dengan nama Quaker ProBaby dan Quaker ProCare, berkode 17C0013564, 17C0012846, 17C0013563 dan 17C0012653, kata FDA. 
[ads-post]
Kode tersebut akan membantu pelanggan menentukan apakah mereka telah membeli produk yang berpotensi bermasalah yang didistribusikan oleh ketiga perusahaan tersebut, kata FDA. 

Orient EuroPharma tidak memiliki produk yang berpotensi tercemar, sementara Standard Foods dan Multipower Enterprise masih melakukannya, namun mereka tidak akan diizinkan untuk mendistribusikan barang mereka ke toko, kata spesialis FDA Chen Wei-chih (鄭維智).

Cheng mengatakan bahwa jika ketiga importir tersebut ternyata belum menarik produk mereka yang tercemar dari pasar, mereka akan menghadapi denda berkisar antara NT $ 30.000 (US $ 1.000) dan NT $ 3 juta. 

Perintah untuk mengingat susu bayi Lactalis dikeluarkan oleh otoritas kesehatan Prancis setelah melaporkan 26 kasus di mana anak-anak jatuh sakit di Prancis setelah menggunakan produk tersebut. 

Menurut sebuah laporan AFP, hingga 7.000 ton produk formula bayi Lactalis mungkin telah terkontaminasi, namun perusahaan tersebut belum dapat memastikan berapa banyak yang dijual, telah dikonsumsi atau belum.

Mengkonsumsi produk yang terkontaminasi salmonella dapat menyebabkan diare berat, kram perut bahkan muntah. Gejala salmonella sangat berbahaya bagi bayi dan manula karena risiko dehidrasi, menurut laporan AFP. 

Taiwan, lebih dari 100.000 kaleng susu formula bayi kenamaan asal Perancis telah dijual di Taiwan oleh tiga importir Taiwan, namun sebagian besar dari import tersebut sudah dikonsumsi masyarakat.

loading...
Powered by Blogger.
close