SUARABMI.COM - Rubiyanti (37), tenaga kerja Indonesia ( TKI) asal Kabupaten Semarang, sudah lebih dari 11 tahun tidak diketahui rimbanya. Keluarganya mengharapkan pemerintah turun tangan mencari keberadaan Rubiyanti.

Anak ketiga dari pasangan Jumain (70) dan Jumini (67) ini pergi bekerja ke Singapura sejak tahun 2003. Namun, empat tahun kemudian, keluarganya kehilangan kontak dengan Rubiyanti.

"Sesuai kontrak, dia selesai sampai 2005. Kemudian diperpanjang lagi dua tahun hingga 2007, tapi setelah perpanjangan kontrak tidak ada kabarnya," kata Suroso (39), kakak Rubiyanti, saat ditemui di rumahnya di Desa Pagersari, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Sabtu (20/1/2018) siang.
[ads-post]
Pihak keluarga sudah berusaha mencari tahu keberadaan Rubiyanti melalui agen penyalurnya di daerah Pabelan, Kabupaten Semarang. Namun, pihak penyalur TKI tersebut memberitahukan bahwa Rubiyanti sudah pulang ke Indonesia.

"Tapi, kenyataannya hingga sekarang tidak kembali di ke rumah, terus keluarga juga menanyakan kepada sejumlah orang pintar," jelasnya.

Suroso menambahkan, hingga saat ini keluarga belum melaporkan secara resmi kepada pihak kepolisian. Keluarga sangat berharap Rubiyanti pulang ke rumah, apalagi anak semata wayangnya, Aisa Amelia, saat ini sudah duduk di bangku kelas IX SMP.

Sarju (43), kakak tertua Rubiyanti, mengaku pertemuan terakhir dengan Rubiyanti terjadi pada tahun 2003, saat mengantarkannya ke penyalur TKI di Pabelan, Kabupaten Semarang.

"Saat berangkat, kami, bapak, dan ibu mengantarkan sampai ke penyalurnya di Pabelan," kata Sarju.

Rubiyanti memutuskan menjadi TKI di Singapura untuk membantu perekonomian keluarga. Namun, hingga 11 tahun kemudian, keberadaan Rubiyanti tidak diketahui.

Hal yang membuat keluarganya sedih, saat berangkat ke Singapura, Rubiyanti meninggalkan suaminya, Supiyani, dan anak semata wayangnya, Aisa Amelia, yang saat itu berusia 22 bulan.

Kini Aisa diasuh oleh kakek dan neneknya setelah Supiyani meninggal dunia beberapa tahun lalu karena gagal ginjal.

"Kami harap pemerintah bisa membantu mencari keberadaan Rubiyanti," tutur Sarju.

Berita ini tayang di kompas.com dengan judul TKI Asal Semarang Hilang, 11 Tahun di Singapura Tidak Pernah Ada Kabar

Rubiyanti (37), tenaga kerja Indonesia ( TKI) asal Kabupaten Semarang, sudah lebih dari 11 tahun tidak diketahui rimbanya. Keluarganya mengharapkan pemerintah turun tangan mencari keberadaan Rubiyanti.

loading...
Powered by Blogger.