SUARABMI.COMBertempat di kantor Equal Opportunities Commission, 41 Heung Yip Road, Wong Chuk Hang, EOC, Christian Action, Rainlily, dan International Organization for Migration (IOM) mengadakan pelatihan pertama untuk Duta Are You OK, Minggu, (14/01/2018). Acara dimulai pukul 10.00 dan dibuka dengan pemutaran film pendek tentang pelecehan s*ksual yang menimpa pekerja rumah tangga.

Eva selaku perwakilan dari Rainlily, dalam sambutannya mengatakan bahwa proyek yang dimulai bersama ini bertujuan untuk membantu banyak orang yang tengah bekerja dengan orang lain, untuk bertanya ‘Apakah kamu baik-baik saja?’.

“Kita merekrut duta sehingga bisa menjangkau kepada orang-orang lain dan bertanya apakah mereka baik-baik saja. Di Hong Kong, ada lebih dari tiga ratus lima puluh ribu orang pekerja migran, tetapi organisasi yang membantu pekerja migran sangat terbatas. Dan waktu mereka bekerja di Hong Kong, mereka bilang sulit mendapat bantuan.” kata Eva kepada 50 peserta pelatihan yang terlihat antusias mengikuti jalannya acara.

Eva juga menjelaskan bahwa seorang duta harus memiliki kebiasaan baik dan ilmu yang bisa ditularkan pada orang lain, serta memberi pengetahuan tentang bagaimana dan kemana mereka harus mencari bantuan.
[ads-post]
Selanjutnya, Devi Novianti (EOC) memberi materi tentang diskriminasi jenis kelamin dan pelecehan s*ksual kepada para peserta beserta undang-undangnya. Menurutnya, selain bertujuan untuk melindungi setiap orang dari diskriminasi atas dasar jenis kelamin dan status perkawinan, undang-undang tersebut juga melindungi seseorang dari diskriminasi kehamilan serta tindakan pelecehan s*ksual.

“Di undang-undang diskriminasi itu sebenarnya orang hamil tidak boleh diputus kontrak. Seseorang yang balik dari cuti, hamil, terus diputus kontrak, kalau sebelumnya majikan ada komentar tidak enak mengenai kehamilan, ini bisa dituntut dengan undang-undang diskriminasi kehamilan.” jelasnya di sela-sela acara.

Pelatihan untuk Duta Are You OK ini akan berlangsung selama tiga kali, pada tanggal 14 Januari, 21 Januari, dan 4 Februari 2018. Materi pelatihan yang akan diberikan mencakup; pengetahuan dan hukum terkait kekerasan s*ksual, eksploitasi perburuhan dan s*ksual, ketrampilan melakukan konseling terhadap rekan sebaya, serta penjangkauan komunitas.*

Artikel dimuat di SUARA edisi January Mid 2018, terbit 19 Januari 2018

Bertempat di kantor Equal Opportunities Commission, 41 Heung Yip Road, Wong Chuk Hang, EOC, Christian Action, Rainlily, dan International Organization for Migration (IOM) mengadakan pelatihan pertama untuk Duta Are You OK, Minggu, (14/01/2018). Acara dimulai pukul 10.00 dan dibuka dengan pemutaran film pendek tentang pelecehan seksual yang menimpa pekerja rumah tangga.

loading...
Powered by Blogger.